Malam Tahun Baru, Car Free Night Selama 12 Jam di Puncak

Minggu, 22 Desember 2019 - 21:01 WIB
Malam Tahun Baru, Car...
Malam Tahun Baru, Car Free Night Selama 12 Jam di Puncak
A A A
BOGOR - Guna mengurai kemacetan saat libur panjang Natal dan Tahun Baru, sejumlah kebijakan rekayasa lalu lintas di jalur Puncak akan diberlakukan Polres Bogor. Pemberlakuan one way (sistem satu arah) menjadi salah satu cara mengurai kemacetan.

"Untuk libur akhir pekan Sabtu, 21 Desember 2019 kemarin dan Minggu (22/12), kita sudah menetapkan one way dari pukul 07.30 -12.30 WIB bagi kendaraan yang datang dari arah Jakarta ke Puncak. Kemudian pukul 13.00 hingga 18.00 WIB untuk kendaraan yang turun (dari Puncak ke Jakarta)," ungkap Kapolres Bogor, AKBP M Joni di Pos Polisi IIB Simpang Gadog, Puncak, Bogor, Minggu (22/12).

Dia menjelaskan berdasarkan hasil pantauan dan evaluasi diperkirakan terjadi lonjakan volume kendaraan di kawasan Puncak hingga mencapai 29.000 unit. "Iya kurang lebih ada penambahan sekitar 10% dari hari libur akhir pekan biasa," jelasnya

Menurutnya, khusus di hari Minggu (22/12) ini diperkirakan tak akan terlalu padat seperti biasanya karena pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak agar para pengguna jalan menggunakan jalur lain."Iya yang dari Bandung ke Jakarta, diharapkan tak melalui kawasan Puncak, mereka bisa memggunakan jalur Karawang, Padalarang-Cibubur-Jakarta," ujarnya.

Terkait kebijakan rekayasa lalu lintas menjelang malam pergantian tahun, Joni mengaku telah mempersiapkan berbagai upaya mengatasi kepadatan yang dikhawatirkan membuat jalur Puncak macet parah. "Untuk menjelang pergantian tahun, kita melakukan sosialisasi baik melalui media sosial maupun media cetak. Bahwa nanti terhitung tanggal 31 Desember 2019 mulai pukul 18.00 WIB. Itu kita berlakukan car free night (malam bebas kendaraan), jadi tidak boleh ada kendaraan roda empat. Mulai dari Gadog hingga Puncak Pass," ujarnya.

Maka dari itu, Joni mengimbau, masyarakat yang hendak menghabiskan malam Tahun Baru di kawasan Puncak, agar datang di siang harinya."Jadi kita imbau warga Jabodetabek yang hendak liburan malam Tahun Baru sudah berangkat pagi atau siangnya. Sehingga nantinya pukul 17.00 WIB kita sudah melakukan langkah-langkah persiapan untuk pemberlakuan car free night," ujarnya.

Berdasarkan pantauan pada Minggu (22/12) arus lalu lintas sejak pagi hingga petang di jalur Puncak terpantau padat. Bahkan, saat sore hari tepatnya pukul 14.00 WIB, meski telah diberlakukan one way, kemacetan di sejumlah titik terjadi, seperti di simpang Taman Safari Indonesia (TSI), depan kantor Kecamatan Cisarua, Cimory dan Simpang Megamendung.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, AKP M Fadli Amri menjelaskan juga bagi warga sekitar agar tidak terganggu dengan kebijakan car free night saat malam pergantian tahun untuk menyesuaikan."Bagi warga setempat sendiri, kita lakukan sosialisasi agar menyesuaikan saat car free night. Tapi tetap dilakukan kanalisasi, jika nanti ada masyarakat ingin belanja dan keperluan darurat lain," ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan melihat situasi dan kondisi arus lalu lintas saat Senin (23/12) dan Selasa (24/12), dalam menerapkan rekayasa lalu linats karena libur panjang anak sekolah ini bertepatan dengan menjelang malam Natal.

"Pengaturan atau rekayasa lalu lintas dilakukan secara situasional, jika ternyata arus lalu lintas padat karena menjelang libur nasional hari raya natal. Maka tetap akan diberlakukan one way juga," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7109 seconds (0.1#10.140)