Ridwan Kamil Gaungkan Kampanye Positif, Tim Hukum RIDO: Semua Pasangan Calon Harus Patuhi Aturan

Rabu, 25 September 2024 - 12:25 WIB
loading...
Ridwan Kamil Gaungkan...
Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) menggaungkan kampanye positif. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Tim hukum Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) Muslim Jaya Butarbutar, SH, MH, meminta semua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta untuk senantiasa mematuhi peraturan kampanye yang telah ditetapkan. Dengan begitu, diharapkannya Pilkada Jakarta bisa berjalan kondusif selama masa kampanye hingga hari pencoblosan.

Permintaan Muslim ini merujuk pada Peraturan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nomor 13 Tahun 2024 tentang kampanye untuk pemilihan gubernur, wakil gubernur, wali kota, dan bupati. Menurut jadwal yang telah ditetapkan, kampanye resmi akan dimulai tiga hari setelah penetapan nomor urut paslon, yaitu pada Rabu, 25 September 2024, dan akan berlangsung hingga 23 November 2024.

Selama periode kampanye ini, diharapkan semua calon dapat menjalankan kampanye dengan menjunjung tinggi aturan yang ada. Muslim Jaya Butarbutar menekankan pentingnya kedisiplinan dalam berkampanye, khususnya bagi tim pemenangan RIDO pasangan nomor urut 1.





Dia mengajak seluruh relawan dan koalisi partai untuk senantiasa mematuhi ketentuan yang berlaku selama masa kampanye. “Sebagai tim hukum, kami akan terus mengawasi setiap langkah kampanye RIDO agar tetap berada dalam koridor hukum yang ditetapkan,” ungkap Muslim.

Diutarakan Muslim, komitmen tim hukum RIDO itu untuk memastikan proses pemilihan berjalan adil dan transparan. Lebih lanjut, Muslim juga menggarisbawahi visi dan misi kampanye Ridwan Kamil yang berfokus pada penyebaran kebaikan dan penggunaan narasi positif.

Dia menegaskan bahwa kampanye harus membangun Jakarta yang lebih baik, tanpa menjelek-jelekkan paslon lain. “Penting bagi kita untuk menghindari kampanye yang mengandung unsur SARA, termasuk yang berkaitan dengan agama, suku, dan ras. Kita harus menempatkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di atas segalanya,” tambahnya.

Tim hukum RIDO juga berharap agar seluruh kandidat saling menghormati dan menciptakan iklim kompetisi yang sehat. Dalam konteks ini, komunikasi yang baik antara paslon dan pendukungnya diharapkan dapat menciptakan suasana yang lebih kondusif.

Muslim Jaya juga meminta masyarakat untuk berperan aktif dalam mengawasi jalannya kampanye. “Kita semua memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa pemilihan ini berlangsung dengan fair,” ujarnya.

Sebagai bagian dari upaya menjaga kampanye berjalan kondusif, tim hukum RIDO akan melaksanakan serangkaian kegiatan sosialisasi untuk mengedukasi tim pemenangan dan relawan tentang peraturan yang berlaku. Dengan demikian, semua pihak dapat lebih memahami dan mematuhi aturan selama kampanye.

Muslim menegaskan bahwa komitmen RIDO adalah untuk berkontribusi dalam menciptakan pemilihan yang berintegritas. "Tim hukum RIDO siap bekerja sama dengan Bawaslu dan pihak terkait lainnya untuk memastikan setiap pelanggaran dapat ditindak sesuai dengan ketentuan yang ada," pungkasnya.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1071 seconds (0.1#10.140)