alexametrics

Pasang Spanduk, Lima Aktivis Greenpeace Juga Panjat Patung Pancoran

loading...
Pasang Spanduk, Lima Aktivis Greenpeace Juga Panjat Patung Pancoran
Foto: dok/SINDOnews/Komaruddin Bagja
A+ A-
JAKARTA - Polisi mengamankan lima aktivis Greenpeace yang memasang spanduk di patung Dirgantara atau Patung Pancoran, Jakarta Selatan. Kelimanya kini tengah dimintai keterangan oleh polisi terkait aksinya itu.

Wakapolsek Tebet, AKP Rusdi Dalby mengatakan, aksi itu dilakukan kelimanya pada Rabu (23/10/2019) pagi tadi. Kelimanya yang merupakan aktivis Greenpeace bersama-sama memanjat patung Pancoran itu untuk memasang spanduk bertuliskan Orang Baik Pilih Energi Baik dan Lawan Perusak Hutan #ReformasiDikorupsi.

Polisi bersama Sudin Damkar Jakarta Selatan dan Satpol PP lantas mengevakuasi kelimanya agar turun. "Sengaja cari perhatian masyarakat luas dan mengingatkan kita masalah lingkungan hidup tentang asap dan kabut yang ada di Palembang dan Riau," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (23/10/2019).



Menurutnya, kelimanya baru bisa dievakuasi pada siang ini dan dibawa polisi untuk dimintai keterangan terkait aksinya tersebut. Akibat aksi mereka, arus lalu lintas pun sempat mengalami kemacetan di kawasan Patung Pancoran.

"Kami masih tanyai mereka karena mereka kan tak mau perlihatkan identitasnya, diam saja tak mau masih statment," tuturnya. (Baca: Dua Pria Misterius Bentangkan Spanduk Raksasa di Patung Selamat Datang)

Dia menanbahkan, polisi belum bisa memastikan apakah mereka bakal dilakukan penahanan ataukah tidak terkait perbuatannya itu, termasuk apakah bakal diserahkan ke pihak Satpol PP. Pasalnya, polisi masih mendalami apakah ada unsur pidana dalam aksi mereka itu.

"Pastinya kami akan koordinasi dengan pihak terkait, baik itu pihak kecamatan maupun Satpol PP karena pelanggarannya ada di kecamatan. Pemasangan spanduk itu kan melanggar Perda," katanya.

Sebelumnya diberitakan, dua aktivis Greenpeace juga memanjat patung Selamat Datang di BUndaran HI dan memasang spanduk serupa. Polisi sudah meminta kedua aktivis yang masih bertahan di patung Selamat Datang untuk turun.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak