Hanya Berlaku di Minggu Pagi, DPRD Dukung Jalur Khusus Pesepeda di Tol

Rabu, 26 Agustus 2020 - 21:31 WIB
loading...
Hanya Berlaku di Minggu Pagi, DPRD Dukung Jalur Khusus Pesepeda di Tol
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz menyambut positif usul Pemprov DKI menjadikan satu ruas jalan Tol Dalam Kota (Cawang-Tanjung Priok) sebagai jalur sepeda balap atau road bike.

Aziz mengaku telah mengkonfirmasi langsung usulan tersebut kepada Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo. (Baca juga: DKI Usul ke Menteri PUPR, Satu Ruas Jalan Tol Kebon Nanas-Priok Khusus Pesepeda)

"Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kecepatan sepeda balap ini bisa melaju sampai dengan 60 km per jam, dan sangat riskan apabila para pengguna sepeda balap ini digabung dalam 1 lokasi dengan pengguna sepeda standar," kata Aziz kepada Okezone, Rabu (26/8/2020).

Menurut dia, penggunaan jalur tol untuk pesepeda balap untuk mengantisipasi kecelakaan dan dengan pertimbangan keselamatan bagi penggunanya dan masyarakat Jakarta.

"Pemda DKI membuat permohonan tersebut untuk mengakomodir para pecinta sepeda balap, untuk mempunyai trek khusus yang lebih aman, selama 3 jam di hari Minggu pagi," beber Aziz.

Aziz menilai lokasi jalan tol yang digunakan cukup aman bagi pesepeda balap saat melintas. Sebab nantinya akan ada pengawasan petugas di lapangan dan penggunaannya juga hanya pada hari libur.

"Saya kira jam 6 sampai 9 pagi di hari Minggu kepadatan cukup lenggang, dan selama dijaga personel-personel dari Dishub dan aparat, saya kira cukup aman," tutupnya. (Baca juga: Pesepeda Diimbau Ikuti Aturan Lalin jika Tak Mau Ditindak Tegas)

Sebelumnya, surat permohonan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono untuk memanfaatkan ruas jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta (Cawang-Tanjung Priok) bagi pesepeda beredar di kalangan media.

Dalam surat tertanggal 11 Agustus 2020 itu dikatakan bahwa terjadi peningkatan pesepeda setiap minggunya sehingga meminta kepada Kementerian PUPR untuk dapat menggunakan satu ruas jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta (Cawang-Tanjung Priok) sisi Barat sebagal lintasan road bike.

Pada pelaksanannya nanti akan ada pengalihan arus dan rekayasa lalu lintas saat pemberlakuan road bike tersebut. Selain itu tol sisi Barat dari arah Nanas sampai dengan Plumpang juga akan ditutup.

Petugas juga akan menyiapkan pembatas dengan menggunakan traffic cone. Kebijakan ini rencananya bakal dilakukan di hari Minggu pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3564 seconds (0.1#10.140)