Kemarau Berkepanjangan, Warga Jakbar Rogoh Kocek untuk Air Bersih

Rabu, 18 September 2019 - 20:47 WIB
Kemarau Berkepanjangan, Warga Jakbar Rogoh Kocek untuk Air Bersih
Kemarau Berkepanjangan, Warga Jakbar Rogoh Kocek untuk Air Bersih
A A A
JAKARTA - Krisis air bersih melanda warga Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat. Ribuan warga meminta PAM Jaya menyalurkan air bersih untuk memudahkan aktivitas warga.

Salah seorang warga RT 7/9, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat, Mutia (63) mengatakan, musim kemarau kali ini membuat air tanah sulit didapat. Disisi lain air Kali Maja yang juga biasa dipergunakan warga kondisinya mengering.

"Warga mulai kebingungan mencari air, kami terpaksa merogoh kocek lebih untuk air bersih setiap hari. Ada kali Rp30.000 per hari untuk air bersih," kata Mutia kepada SINDOnews, Rabu (18/9/2019).

Mutia menuturkan, sudah berbulan bulan wilayahnya kekeringan. Jangankan untuk masak dan minum, untuk mencuci pakaian pun tak bisa lantaran air Kali Maja yang kering.

Saat SINDOnews menyambangi kawasan Kampung Maja, aktivitas mencuci tak terlihat, kondisi ini kontras pada beberapa waktu lalu. Saat hari normal, sejumlah warga mencuci di Kali Maja saat siang dan sore hari. Kini kondisi itu kian memburuk, setelah Kali Maja mengering.

Sejumlah pengusaha gerobak air menaikan tarifnya, dari semula Rp1.800 per jeriken menjadi Rp2.000 per jeriken hingga membuat warga mulai keberatan.
Wati (67), warga lainnya mengungkapkan, tak bisa berbuat banyak terhadap kondisi itu dan harus membeli air sebanyak lima jeriken.

Sekalipun dalam dua hari terakhir air bersih disediakan Pemkot Jakarta Barat dengan mengirimkan satu tangki mobil, namun, kata Wati, hal itu tak banyak membantu. Jumlah persediaan air dirasa sangat kurang dengan kebutuhan.Wati menagih langkah Pemkot Jakbar yang berjanji menyetok air setiap hari.

Sementara itu Sekretaris Kelurahan Pegadungan, Fatihien mengatakan, untuk membantu mengatasi krisis air, suplai air bersih dilakukan Pemkot Jakarta Barat bekerja sama dengan PAM Jaya menyalurkan air di Kampung Maja Pegadungan. "Pemberian air bersih dari hari Selasa dan Rabu. Total pengiriman air bersih itu sebanyak 16.000 meter kubik," kata Fatihien

Fatihien berharap pemberian air bersih dari Pemkot Jakarta Barat, bisa membantu warga Kampung Maja. Ke depannya, demi meringankan beban warga Kampung Maja Pegadungan, Pemkot Jakarta Barat, yang bekerja sama dengan PAM Jaya berencana akan melakukan pemasangan tandon air bersih di lokasi tersebut.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2030 seconds (0.1#10.140)