alexametrics

BMKG Beberkan Cuaca Jakarta Terasa Lebih Panas

loading...
BMKG Beberkan Cuaca Jakarta Terasa Lebih Panas
Foto/Ilustrasi/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Cuaca di Ibu Kota Jakarta belakangan hari ini terasa lebih panas dan terik. Cuaca panas ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kelembaban yang rendah.

"Panas banget itu disebabkan, satu kelembaban rendah," kata Kabid Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Hary T Djatmiko saat dihubungi SINDOnews, Selasa (10/9/2019).

Selain itu, kata dia, matahari berada di sekitar garis khatulistiwa atau ekuator. Alhasil, kata dia, radiasi sinar matahari terasa begitu panas.



"Kedua posisi matahari berada di sekitar garis ekuator sehingga radiasi atau pancaran sinar matahari cukup optimal diterima wilayah tropis khususnya Indonesia," kata Hary.

Hary menambahkan, panas makin terik lantaran tidak ada awan. "Jadi tidak ada pantulan dan langsung menyengat," tambahnya.

Sementara itu, Kanugrahan (27), karyawan swasta yang bekerja di sekitar kawasan Gambir juga merasakan udara panas yang menyengat.

"Iya betul mas hari ini mataharinya panas banget. Enggak tahu ya apa penyebabnya," kata Kanugrahan. (Baca juga: Cuaca Jabodetabek Sepanjang Hari Cerah dengan Suhu Cenderung Panas)
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak