Ridwan Kamil Berpotensi Lawan Kotak Kosong, Independen, atau Calon Boneka

Sabtu, 10 Agustus 2024 - 22:01 WIB
loading...
Ridwan Kamil Berpotensi...
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah mendapatkan kepastian maju ke Pilkada Jakarta 2024 usai bertemu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto/Dok SINDOnews/Felldy Utama
A A A
JAKARTA - Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah mendapatkan kepastian maju ke Pilkada Jakarta 2024 usai bertemu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sementara itu, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terancam tidak bisa berlayar setelah ditinggalkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang sedang ancang-ancang masuk Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Di sisi lain, bukti dukungan kepada bakal pasangan calon independen atau perseorangan Dharma Pongrekun dan Kun Wardana masih diverifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta. Saat ini, verifikasi faktual kedua masih berlangsung.





Lalu, siapa lawan Ridwan Kamil yang didukung KIM Plus pada Pilkada Jakarta 2024?

“Kalau kita bicara siapa lawan Ridwan Kamil, ada bisa kemungkinan, bisa lawan kotak kosong, independen, bisa juga lawan calon boneka,” kata Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin kepada SINDOnews, Sabtu (10/8/2024).



Dia melanjutkan, jika Dharma Pongrekun tidak lolos sebagai kandidat Pilkada Jakarta 2024, maka Ridwan Kamil akan melawan kotak kosong atau calon boneka. “Calon boneka, calon yang sudah disiapkan agar seolah-olah ada kontestasi, padahal sudah disiapkan,” tuturnya.



Dia mengatakan, jika Dharma Pongrekun lolos sebagai kandidat Pilkada Jakarta 2024, maka Ridwan Kamil yang menjadi lawannya. “Ridwan Kamil kalau lawan calon perseorangan, tetap saja akan unggul, enggak akan menang,” imbuhnya.

Dia berpendapat, calon perseorangan sulit bisa menang. “Apalagi Ridwan Kamilnya didukung KIM Plus, super jumbo koalisinya,” ucapnya.

“Jadi tetap saja, Ridwan Kamil lawan kotak kosong bisa menang, lawan perseorangan juga Ridwan Kamil bisa menang, apalagi lawan calon boneka,’ pungkasnya.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1486 seconds (0.1#10.140)