alexametrics

Jasa Marga Uji Coba Pengalihan Pintu Masuk Contraflow Tol Dalam Kota

loading...
Jasa Marga Uji Coba Pengalihan Pintu Masuk Contraflow Tol Dalam Kota
PT Jasa Marga akan melakukan uji coba rekayasa lalu lintas dengan merelokasi pintu masuk contraflow Jalan Tol Dalam Kota untuk mengurangi kepadatan di Simpang Susun Cawang. Foto: dok/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - PT Jasa Marga Regional JabotabekJabar akan melakukan uji coba rekayasa lalu lintas dengan merelokasi pintu masuk contraflow Jalan Tol Dalam Kota. Langkah ini untuk mengurangi potensi kepadatan di Simpang Susun (SS) Cawang.

Titik awal contraflow yang semula terletak di Km 1+700 Cawang akan dipindahkan ke Km 0+200 Halim, dengan titik akhir contraflow yang masih sama, yaitu di Km 8+100 (Senayan).

Uji coba perpindahan akan dilaksanakan dalam dua minggu ke depan selama lima hari kerja, yaitu hari Rabu-Jumat, 7-9 Agustus 2019 dan Senin-Selasa, 12-13 Agustus 2019, setiap pukul 06.00 - 10.00 WIB.





Regional JabotabekJabar Division Head Jasa Marga Reza Febriano mnegatakan, dengan adanya perpindahan titik awal contraflow tersebut, maka yang dapat menggunakan jalur contraflow nantinya hanyalah pengguna jalan dari arah Halim saja (Dari arah Jalan Tol Jakarta-Cikampek).






“Ini juga yang menjadi dasar dari dipindahkannya titik awal contraflow. Berdasarkan hasil evaluasi, banyak sekali kendaraan yang crossing memaksa masuk di titik awal contraflow sebelumnya, di Km 1+700 Cawang, terutama lalu lintas dari arah Jalan Tol Jagorawi,” jelas Reza melalui siaran persnya, Senin (5/8/2019).

Reza melihat hal itu memicu terjadinya konflik (weaving) yang mengakibatkan gangguan lalu lintas dan dapat membahayakan pengguna jalan. (Baca: Urai Kepadatan Kendaraan, Contraflow di Tol Jakarta-CIkampek Diperpanjang)

“Kami harap uji coba ini berjalan dengan efektif, sehingga dengan berkurangnya konflik lalu lintas di SS Cawang tersebut dapat memberikan manfaat untuk pengguna jalan, tidak hanya lebih lancar namun juga jauh lebih aman,” ujar Reza.

Untuk memastikan pengguna jalan menerima informasi dengan baik, Jasa Marga Regional JabotabekJabar telah dan akan terus melakukan sosialisasi, diantaranya melalui media sosial, spanduk, dan Variable Message Sign (VMS).

Jasa Marga mohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin timbul dalam masa uji coba perpanjangan contraflow Jalan Tol Dalam Kota. Serta mengimbau untuk mengantisipasi dan patuhi rambu serta arahan petugas, terutama menjelang titik awal contraflow.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak