Kaesang Pangarep-Jusuf Hamka Dinilai Paket Pasangan Figur yang Pas

Kamis, 18 Juli 2024 - 08:10 WIB
loading...
Kaesang Pangarep-Jusuf...
Jusuf Hamka atau Babah Alun diusung Partai Golkar sebagai cawagub pendamping Kaesang Pangarep untuk Pilgub Jakarta. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengamat Politik dari Universitas Nasional (Unas) R Wijaya Dg Mapasomba menyoroti wacana duet Kaesang Pangarep-Jusuf Hamka atau Babah Alun (Ka’bah) di Pilkada Jakarta 2024. Menurutnya, dua sosok figur tersebut merupakan pasangan yang ideal.

"Ini paket pasangan figur yang pas, karena Jusuf Hamka merupakan pengusaha yang sukses sudah dikenal banyak orang, di sisi lain Kaesang anak presiden dalam konteks politik ini sangat bisa," kata Wijaya dihubungi, Rabu (17/7/2024).

Diketahui, Kaesang mendapat pertimbangan tertinggi dari warga Jakarta untuk maju menjadi Gubernur Jakarta pada Pilkada 2024. Hal itu berdasarkan survei Litbang Kompas bahwa sebanyak 41,8 persen warga Jakarta yang mempertimbangkan Kaesang menjadi Gubernur Jakarta.



Wijaya menilai hasil survei itu menunjukkan bahwa Kaesang memiliki nilai jual untuk menjadi Gubernur Jakarta. "Artinya ini banyak masyarakat Jakarta berharap Mas Kaesang menjadi Gubernur Jakarta karena mungkin dianggap bisa mengatasi masalah Jakarta, meski belum secara resmi diusung menjadi cagub," tuturnya.

Selain itu, Wijaya juga mengemukakan bahwa Kaesang lebih cocok untuk menjadi calon Gubernur Jakarta dibandingkan calon Wakil Gubernur Jawa Tengah. Pasalnya, menurutnya, Jakarta butuh sosok anak muda untuk memimpin Jakarta. Terlebih lagi Kaesang bisa belajar ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mengatasi persoalan Jakarta.

"Jakarta ini kan kota metropolitan, kota yang serba cepat, jadi memang harus dipimpin oleh jiwa-jiwa muda, apalagi warga Jakarta kebanyakan didominasi oleh anak muda, kalau ditanya lebih pas di Jawa Tengah atau Jakarta, kalau menurut saya lebih cocok di Jakarta," pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, Presiden Jokowi berbicara mengenai peluang putra bungsunya, Kaesang Pangarep maju di Pilkada 2024. Jokowi menilai positif di mana pun Kaesang akan berkontestasi.

Untuk diketahui, hasil survei Indikator Politik Indonesia menempatkan Kaesang Pangarep pada peringkat pertama elektabilitas calon gubernur Jawa Tengah 2024. Dari simulasi 20 nama terbuka, elektabilitas Kaesang meraih 17,7%, sedangkan Luthfi meraih 15,6%.

"Ya di Jawa Tengah bagus, di Jakarta juga bagus. Karena ini kan semua wilayah Indonesia," kata Jokowi kepada wartawan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (16/7/2024).
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1344 seconds (0.1#10.140)