Terminal Kampung Rambutan Sediakan RPTRA untuk Anak-anak Pemudik

Jum'at, 31 Mei 2019 - 20:11 WIB
Terminal Kampung Rambutan Sediakan RPTRA untuk Anak-anak Pemudik
Terminal Kampung Rambutan Sediakan RPTRA untuk Anak-anak Pemudik
A A A
JAKARTA - Terminal Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, menyediakan fasilitas yang tak lazim bagi pemudik, yakni Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Fasilitas ini disediakan guna mengantisipasi anak-anak pemudik jenuh.

"RPTRA ini aktif mulai 2 minggu lalu. Jadi biar anak-anak itu bisa bermain sambil menunggu (keberangkatan). Ini untuk membantu orang tua yang bawa anaknya saat mudik," ujar Kepala Satuan Pelaksana Terminal Kampung Rambutan, Thofik Winanto, kepada wartawan, Jumat (31/5/2019).

Selain RPTRA, pihaknya bersama instansi terkait telah bekerja sama untuk membuat pos kesehatan di Terminal Kampung Rambutan. Pos itu disediakan untuk pemudik apabila sampai sakit atau kelelahan. Pos kesehatan ini berfungsi untuk mengecek kondisi sopir.

"Pengemudi pun wajib dilakukan tes kesehatannya sebelum diizinkan mengemudi, jangan sampai terjadi hal tak diinginkan," katanya.

Menurut dia, pada musim mudik Lebaran tahun ini terdapat 1.017 armada yang disiapkan di Terminal Kampung Rambutan dengan 200 armada cadangan. Hal ini guna mengantisipasi lonjakan pemudik.

Lonjakan penumpang di Terminal Kampung Rambutan sudah terjadi sejak H-7 atau Rabu, 29 Mei 2019 lalu. "Pada H-6 atau Kamis, 30 Mei kemarim jumlah penumpang mencapai 12.000 atau 50% dibandingkan hari sebelumnya," pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6000 seconds (0.1#10.140)