Dharma Jaya Pastikan Stok Hewan Kurban Sehat untuk Iduladha 2024

Senin, 10 Juni 2024 - 20:15 WIB
loading...
Dharma Jaya Pastikan Stok Hewan Kurban Sehat untuk Iduladha 2024
Menyambut Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah, stok hewan kurban di Jakarta baik sapi maupun kambing tersedia cukup untuk memenuhi kebutuhan kurban. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Menyambut Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah, stok hewan kurban di Jakarta baik sapi maupun kambing tersedia cukup untuk memenuhi kebutuhan kurban. Semua hewan kurban juga dipastikan dalam kondisi sehat sehingga halal dan higienis untuk dikonsumsi masyarakat.

Direktur Utama Perumda Dharma Jaya Raditya Endra Budiman mengatakan, ketersediaan hewan kurban di Jakarta hingga saat ini sebanyak 800 sapi dan 100 kambing yang siap didistribusikan kepada masyarakat dan cukup memenuhi.



Kesehatan hewan kurban juga terjamin melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta dan dokter hewan.

“Hewan kurban yang sudah diperiksa kesehatannya akan diberikan tanda, sehingga memberikan kepastian bagi masyarakat yang akan membeli hewan,” ujar Raditya, Senin (10/6/2024).

Tidak hanya itu, pihaknya memastikan stok hewan kurban yang masuk benar-benar sehat sebelum memasuki area Rumah Pemotongan Hewan (RPH) milik Perumda Dharma Jaya di Cakung, Jakarta Timur.

Dengan demikian, Perumda Dharma Jaya menjamin ketersediaan daging hewan kurban halal dan sesuai syariat Islam untuk mengurangi risiko penyebaran penyakit zoonosis dan penyakit hewan seperti Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) serta Salmonella.

Pihaknya melayani pembeli yang membawa kemasan atau wadah sendiri yang ramah lingkungan saat membeli daging potong di Perumda Dharma Jaya.

Langkah ini dilakukan sebagai upaya mendukung kelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan kantong plastik yang sulit terurai.

"Untuk pengemasannya tergantung pelanggan. Kami terbuka bagi pelanggan yang membawa wadah kemasan seperti bongsang, daun pisang maupun wadah atau kantong plastik berbahan ramah lingkungan,” kata Raditya.

Dia mengingatkan pelanggan yang membawa wadah atau kemasan sendiri tetap memperhatikan dan menjaga kualitas daging agar tetap aman dan dalam keadaan bersih untuk mencegah kontaminasi yang membahayakan kesehatan manusia.

Disarankan para pelanggan mengirimkan kemasan yang diinginkan langsung ke Perumda Dharma Jaya, sehingga pihaknya bisa langsung melakukan pengemasan.

"Biasanya pelanggan yang membawa kemasannya sendiri mengirimkan wadah atau kemasan, jadi kami tinggal melakukan pengemasan. Melalui penggunaan kantong plastik yang aman dan ramah lingkungan ini, Perumda Dharma Jaya memastikan masyarakat menerima gizi baik," ucapnya.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)
pixels