alexametrics

Jaga Kerukunan, FKUB Jakbar Sebar Ribuan Spanduk Pemilu Damai

loading...
Jaga Kerukunan, FKUB Jakbar Sebar Ribuan Spanduk Pemilu Damai
Menghadapi Pemilu 2019 mendatang, ribuan spanduk disebar Forum Kerukunan Umat Beragama Jakbar. Ajakan pemilu damai dilakukan untuk menurunkan tensi politik, Jumat (11/1/2019). Foto/SINDOnews/Yan Yusuf.
A+ A-
JAKARTA - Menghadapi Pemilu 2019 mendatang, ribuan spanduk disebar Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jakarta Barat. Ajakan pemilu damai dilakukan untuk membuat ketegangan politik menurun.

Dalam kesempatan itu FKUB juga mengajak sejumlah instansi lain, mulai dari Polri, TNI, KPU, Bawaslu hingga tokoh agama lainnya untuk mendukung penyelenggaraan Pemilu.

"Jadi kegiatan ini sebagai bukti kecintaan kami agar pemilu berjalan lancar, tertib tanpa merusak persaudaraan dan kekeluargaan warga Jakarta Barat,” kata Kepala Forum Kerukunan Umat Beragama, (FKUB) Jakarta Barat, Tatang di kawasan Wijaya Kusuma, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (11/1/2019).



Melalui spanduk yang terpasang, pihaknya bersepakat tempat ibadah tidak dijadikan sebagai tempat kampanye dan menolak tempat ibadah untuk kepentingan Kampanye, Issue Hoax, Sara dan Radikalisme. Tempat Ibadah disepakati sebagai kawasan netral.

Simbolis pemasangan spanduk sendiri dilakukan di tiga lokasi, Masjid Raya Al Amanan, Gereja Pantekosta, serta Pura Chandra Prabha yang diikut sejumlah tokoh lapisan agama, TNI Polri, dan beberapa pihak terkait yang disusul lokasi ibadah lainnya.

Dengan terpasangan spanduk di tempat agama, Tatang berharap persaudaraan yang telah terjalin dengan baik akan terus terjaga hingga pemilu 2019 yang berlangsung April 2019 mendatang.

"Jadi nanti spanduk-spanduk ini akan kita pasang baik itu di Masjid, Musala, Gereja, Wihara, Pura semuanya siap untuk memasang itu. Prinsipnya kita sepakat bergandengan tangan untuk tidak mengunakan tempat ibadah sebagai tempat kampanye," ujarnya.

Sedangkan Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Hengki Haryadi mengungkapkan spanduk nantinya akan dipasang di 860 Masjid, 227 Gereja, 1 Pura, 85 Wihara yang ada di Jakarta Barat. Dirinya mengaku sangat menyambut baik langkah ini untuk menjaga kerukunan umat beragama menjelang pemilu 2019.

Hengki mendukung penuh deklarasi pemasangan 1000 spanduk di wilayah hukum Jakarta Barat.

“ini upaya preventif dan preemtif dimana mencegah terjadinya friksi karena perbedaan politik terutama rumah ibadah," kata Hengki.

Dirinya juga mengaku mendukung dengan adanya sosialisasi ini, sekaligus pemasangan spanduk yang menyatakan melarangan tempat ibadah untuk dijadikan tempat berkampanye.

Dalam kesempatan itu hadir pula sejumlah tokoh, diantaranya Wakil Walikota Jakarta Barat, Muhammad Zen, Dandim 0503 Jakarta Barat Letkol Kav Andre Massengi, Putri Indonesia Lingkungan, Vania F. Herlambang, dan Putri Indonesia Pariwisata, Wilda Oktaviana Situngkir.
(ysw)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak