Warga Terdampak Kebakaran Gudang Amunisi Diungsikan ke Rumah Kepala Desa Ciangsana

Minggu, 31 Maret 2024 - 03:12 WIB
loading...
Warga Terdampak Kebakaran Gudang Amunisi Diungsikan ke Rumah Kepala Desa Ciangsana
Rumah Kepala Desa Ciangsana, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dijadikan tempat menampung para pengungsi yang terdampak kebakaran Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) Paldam Jaya, Sabtu (30/3/2024) malam. Foto/Giffar
A A A
BOGOR - Rumah Kepala Desa Ciangsana , Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dijadikan tempat menampung para pengungsi yang terdampak kebakaran Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) Paldam Jaya, Sabtu (30/3/2024) malam. Jumlah pengungsi mencapai 200 orang.

Pantauan di lapangan terlihat sejumlah pengungsi tengah beristirahat di atas kasur berwarna merah bertuliskan Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Dari informasi yang dihimpun, sebanyak 86 KK dengan 200 orang diungsikan dari rumahnya ke pengungsian tersebut. Lokasi pengungsian itu berjarak 8,1 kilometer dari titik gudang.



Salah satu warga bernama Usup (60) mengatakan, rumahnya yang berjarak 100 meter dari Gudmurah itu membuatnya harus mengungsi sesegera mungkin.

"Ya ketakutanlah, gemetar, kaget juga," kata Usup kepada MNC Portal Indonesia, Minggu (31/3/2024) dini hari.

Di sisi lain, Kepala Desa Ciangsana Udin Saputra mengatakan, hingga saat ini terdapat tiga rumah rusak akibat ledakan gudang tersebut.

"Paling ada informasi rumah yang rusak baru ada tiga unit yang dilaporkan oleh ketua RW dan Kepala Dusun, tapi untuk kerusakan rumahnya didata lagi setelah boleh dicek atau sudah aman," kata Udin.

Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) menerjunkan robot untuk menyisir lokasi Gudmurah Paldam Jaya, Ciangsana, Kabupaten Bogor. Gudang tersebut terbakar hingga menyebabkan ledakan hebat sekitar pukul 18.05 WIB.



Robot itu mulai beranjak dari batas aman ke lokasi sekitar pukul 00.40 WIB. Robot tersebut juga ditemani oleh drone untuk menerangi area jalan.

Robot tersebut digunakan untuk mengetahui kondisi gudang. Jika dirasa sudah aman, barulah petugas pemadam kebakaran berangkat ke lokasi.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)