Pemberdayaan UMKM, Cak Eko Kembali Beri Pelatihan Cooking Class

Selasa, 15 Mei 2018 - 16:12 WIB
Pemberdayaan UMKM, Cak Eko Kembali Beri Pelatihan Cooking Class
Pemberdayaan UMKM, Cak Eko Kembali Beri Pelatihan Cooking Class
A A A
BEKASI - Jelang memasuki bulan puasa Ramadhan 1439 Hijriah, penggiat dan praktisi UMKM Nasional Henky Eko Sriyantono yang akrab dipanggil Cak Eko, terus melakukan gerakan membangun kemandirian ekonomi keluarga melalui pemberdayaan UMKM.

Kali ini, kegiatan yang dikemas dalam pelatihan cooking class dan memulai usaha rumahan modal kecil itu dilakukan di Perumahan Taman Galaxi, Kelurahan Jakasetia, Kecamatan Bekasi Selatan. Antusias warga mengikuti kegiatan itu sangat tinggi.

"Antusias peserta sangat tinggi karena di acara tersebut para ibu-ibu diberikan resep anti gagal membuat Martabak Mini dan Bakso. Ibu-ibunya sangat aktif bertanya dan langsung ikut terlibat di proses pembuatan," ujar Cak Eko, Selasa (15/5/2018).

Menurut Cak Eko, setiap pelatihan yang diberikan, antusias ibu-ibu memang cukup tinggi. Termasuk pada pelatihan sebelumnya yang telah dilakukan di Harapan Jaya, Pekayon, Bekasi Jaya, Medan Satria. "Antusias ibu-ibu juga tinggi, terbukti dengan banyaknya peserta yang ikut," katanya. (Baca juga: Bangun Kemandirian UMKM Perempuan, Cak Eko Gelar Pelatihan di Bekasi)

Cak Eko berharap, setelah megikuti pelatihan ini ibu-ibu bisa mandiri dengan menjalankan usaha di rumah, apalagi momennya pas jelang bulan Ramadhan. "Karena tujuan kami memang itu, terciptanya kemandirian ekonomi keluarga melalui sektor UMKM," ucapnya.

Pemberdayaan UMKM, Cak Eko Kembali Beri Pelatihan Cooking Class


Setelah mengikuti pelatihan ini, para ibu-ibu secara otomatis langsung masuk sebagai anggota Komunitas Sahabat Henky Eko Sriyantono melalui WA grup sehingga proses mentoring tetap berjalan.

Komunitas ini selanjutnya menjadi wadah komunikasi bagi para anggotanya untuk bisa diskusi dan konsultasi seputar usaha yang akan dijalani maupun yang sudah berjalan bisa terus maju.

"Di komunitas ini saya sekaligus menjadi mentornya dalam memberikan arahan dan solusi mengenai usaha rumahan dengan modal kecil," katanya.

Ilmu cooking class yang diajarkan oleh Cak Eko tidak sebatas membuat Martabak Mini dan Bakso saja, namun juga donat, brownies kukus, fried chicken, bolu gulung, sempol, dan lain-lain. Untuk pekan depan sudah ada komunitas ibu-ibu di wilayah kelurahan lain di Kota Bekasi yang meminta diajarkan membuat bolu gulung dan bolu kukus mekar.

Tapi untuk setiap sesi pelatihan diajarkan dua menu saja agar peserta dapat lebih fokus dan menyerap ilmu dengan baik. Pelatihan dan pemberdayaan ini gratis untuk komunitas ibu-ibu di wilayah kota Bekasi dan Kota Depok.

Bagi komunitas ibu-ibu PKK, arisan, pengajian, keagamaan, yang tertarik untuk mendapatkan pelatihan ini secara gratis, langsung daftar melalui WA di nomor 085921699018 agar bisa diatur jadwalnya sekaligus jenis menu yang dipilih.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5641 seconds (0.1#10.140)