Kebakaran Akibat Trafo Berjalan Meledak di Muara Angke, 150 Warga Terdampak

Rabu, 29 November 2023 - 21:48 WIB
loading...
Kebakaran Akibat Trafo Berjalan Meledak di Muara Angke, 150 Warga Terdampak
Pascakebakaran yang melanda permukiman padat penduduk di Jalan Muara Angke, Pluit, puluhan kepala keluarga kehilangan tempat tinggal. Foto: MPI/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Pascakebakaran yang melanda permukiman padat penduduk di Jalan Muara Angke Blok K1 Utara, RT 08/RW 01, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, puluhan kepala keluarga kehilangan tempat tinggal. Sebanyak 150 jiwa saat ini hanya bisa pasrah.

Berdasarkan pantauan wartawan di lokasi, Rabu (29/11/2023), terlihat bangunan rumah warga telah hancur. Sedikitnya terdapat delapan bangunan dengan dua puluh pintu yang telah hancur.


Ketua RT 08 Komariyah mengatakan, kehadiran trafo berjalan atau unit traformastor milik PLN di tengah pemukiman adalah untuk membantu pemadaman listrik yang terjadi pada Senin (27/11/2023) sore. Tidak lama kemudian trafo meledak dan menyambar rumah warga sampai empat jam lamanya.

"Itu unit traformastornya meledak tiba-tiba sampai 4 kali, dayanya tidak kuat nyambar ke rumah warga. Jadi (alat) tidak layak dipakai mobile, cadangan, mangkanya terjadi kebakaran," kata Komariyah.

Menurut Komariyah, warga yang terdampak dari kebakaran mencapai 150 orang. Lantaran tidak mendapat bantuan atau tempat pengungsian, banyak korban yang mengungsi ke rumah saudara ataupun lainnya.

"Cuma kita apresiasi juga mereka (PLN) karena langsung sigap untuk penanganan. Ini tanggung jawab full, ganti rugi semuanya dan kita sudah mediasi dengan PLN. Tapi belum tahu perkiraan kerugiannya," ucapnya.



Sebelumnya, Perwira Piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara Ahmad Sadeli mengatakan, kebakaran ini bermula dari adanya trafo yang diduga korsleting lalu mengenai rumah di sekitarnya.

Untuk memadamkan kebakaran pihaknya mengerahkan 17 unit pemadam dengan 86 personel. Pemadaman api berlangsung cukup dramatis lantaran lokasi yang sulit.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0971 seconds (0.1#10.140)