Apel Siaga di Monas, Anies Pastikan Jakarta Siap Antisipasi Bencana

Sabtu, 18 November 2017 - 18:05 WIB
Apel Siaga di Monas, Anies Pastikan Jakarta Siap Antisipasi Bencana
Apel Siaga di Monas, Anies Pastikan Jakarta Siap Antisipasi Bencana
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pagi ini memimpin Apel Operasi Siaga Ibu Kota 2017. Ia pun memastikan kesiapsiagaan jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengantisipasi munculnya berbagai bencana.

Dalam apel hari ini, Gubernur Anies memeriksa langsung kesiapan elemen petugas di tingkat kota dan provinsi, mulai jajaran SKPD Provinsi DKI hingga organisasi-organisasi kemasyarakatan yang akan berperan penuh dalam kesiapsiagaan bencana.

Pasangan dari Wakil Gubernur Sandiaga Uno itu meminta para pihak terkait selalu mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana. Terlebih lagi, kondisi cuaca di DKI saat ini terbilang ekstrem.

"Dalam kondisi cuaca di Kota Jakarta saat ini, sering terjadi cuaca yang cukup ekstrem disertai hujan dengan angin kencang, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta jauh hari sebelumnya harus mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terjadi bencana. Melalui kegiatan apel siaga yang dilakukan hari ini, yang bermakna strategis, dalam rangka kesiagaan, kita semua menghadapi bencana di seluruh wilayah Provinsi DKI Jakarta," ujar Anies saat memberikan pengarahan di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (18/11/2017).

Ia menambahkan, dalam upaya mengatasi banjir diperlukan mitigasi struktural dan nonstruktural yang berupa sebuah regulasi, kesiapan personel, serta sarana dan prasarana yang harus benar-benar siaga penuh kapan dan di mana pun dibutuhkan di dalam penanggulangan bencana.

"Saya berharap dalam mengantisipasi penanganan bencana di Provinsi DKI Jakarta haruslah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Prioritaskan rasa aman, bantu warga tanpa pandang status, termasuk para kaum disabilitas yang termarginalkan," ungkapnya.

Tak hanya itu, Anies juga mengimbau mengenai laporan siaga bencana harus bersifat real time dan komunikasi wajib dilakukan secara tradisional maupun menggunakan warning system, sehingga para warga yang tinggal di daerah rawan bencana dapat memperoleh kejelasan informasi.

"Saya minta kita bekerja tuntas ikhlas untuk Jakarta dan menjadikan Operasi Siaga Ibu Kota ini momentum untuk menciptakan Jakarta sebagai Kota Maju, Lestari, dan Berbudaya yang warganya terlibat dalam mewujudkan keberadaban, keadilan, dan kesejahteraan bagi semua," jelasnya.

Setelah memberikan pengarahan, Gubernur Anies juga meninjau kendaraan mobil operasional dan perahu yang digunakan untuk percepatan penyelamatan korban bencana.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6003 seconds (0.1#10.140)