BPBD Klaim Banjir di Jakarta Sekarang Cepat Surut

Selasa, 14 November 2017 - 16:35 WIB
BPBD Klaim Banjir di Jakarta Sekarang Cepat Surut
BPBD Klaim Banjir di Jakarta Sekarang Cepat Surut
A A A
JAKARTA - Hujan deras yang melanda Jakarta membuat banjir di beberapa titik. Namun, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyebut banjir tak berlangsung lama. Banjir langsung surut seusai ditangani dengan cepat oleh Dinas Sumber Daya Air.

"Pagi tadi titik banjir sudah tidak ada. Sudah surut langsung menjelang tengah malam," ujar Kepala BPBD DKI Jakarta, Jupan Royter, ketika dikonfirmasi, Selasa (14/11/2017).

Menurut Jupan, saat ini kondisi saluran air cukup bagus serta ketanggapan dinas teknis, sehingga membuat air cepat surut. Termasuk ketanggapan Dinas Tata Air yang langsung menyebar pompa mobile ke beberapa titik lokasi banjir.

"Belum lagi bantuan mobil dinas pemadam kebakaran yang turun dikerahkan untuk mengurangi debit air di beberapa jalan. Hal itu cukup membantu air surut," katanya.

Terpisah, Camat Taman Sari, Jakarta Barat, Firman Ibrahim, mengatakan, untuk mengantisipasi genangan, pihaknya telah memerintahkan lurah menyiapkan kantong-kantong pengungsian. "Salah satunya menyiapkan tenda dengan dipusatkan di kantor kelurahan," tutur Firman.

Selain itu, untuk mobilitas jalan yang tergenang air, perahu karet telah disiapkan di beberapa kantor lurah dan camat. Termasuk, aparat keamanan dari TNI dan Polri yang diperbantukan untuk pengamanan. Meski demikian hingga sebulan intensitas hujan turun, pola pemetaan titik pengungsian belum juga diisi masyarakat.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4217 seconds (0.1#10.140)