SINDOnews Goes to Pesantren Gelar Pelatihan Jurnalistik di Ponpes Al Hamid Cilangkap

Rabu, 18 Oktober 2023 - 16:25 WIB
loading...
SINDOnews Goes to Pesantren Gelar Pelatihan Jurnalistik di Ponpes Al Hamid Cilangkap
SINDOnews menggelar SINDOnews Goes To Pesantren (SGTP) di Pondok Pesantren Al Hamid, Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (18/10/2023). Tema yang diangkat Basic Journalism Skill for Santri. Foto: MPI/Widya Michella
A A A
JAKARTA - SINDOnews menggelar SINDOnews Goes To Pesantren (SGTP) di Pondok Pesantren Al Hamid, Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (18/10/2023). Tema yang diangkat "Basic Journalism Skill for Santri".

Program pelatihan dasar jurnalistik ini diberikan secara khusus kepada para santriwan dan santriwati pondok pesantren di seluruh Indonesia.

Pemimpin Redaksi SINDOnews Pung Purwanto mengatakan, media di bawah MNC Group terus melakukan kolaborasi dengan sejumlah pesantren di Indonesia. Pesantren dapat menjadi rujukan di tengah berbagai cobaan yang dihadapi Indonesia selama ini.

"Program kita memang SINDOnews Goes to Pesantren. Alangkah baiknya kita memproduksi berita dekat dari pesantren. Kita menyampaikan pesan yang baik sesuai ajaran Rasulullah tentu harus selalu mendekatkan diri dengan pusat kebaikan ilmu. Nah, pesantren menjadi sumber ilmu telah teruji selama ratusan tahun," ujarnya.

Dia berharap kegiatan ini terus berlanjut dan bermanfaat bagi seluruh santri maupun santriwati di Pondok Pesantren Al Hamid. "Mudah-mudahan kita buat program rutin baik acara yang sifatnya langsung dan kerja sama dengan peliputan media. Kita mengizinkan adik-adik semua untuk bisa berkiprah langsung atau menulis boleh kita akan muat di SINDOnews," ucapnya.

Perwakilan Pengasuh Pondok Pesantren Al Hamid Cilangkap KH Mustaqimul Akhlaq mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas kegiatan tersebut. Dia berharap kegiatan yang digelar SINDOnews bermanfaat bagi seluruh santrinya.

"Semoga berlangsung dengan baik dan bisa mengambil manfaat. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk kita semua khususnya untuk Pondok Pesantren Al Hamid," katanya.

Pelaksana Program SGTP dari Divisi Litbang Bahrur Rosidi menuturkan program ini efektif dijalankan sejak tahun 2022. Awalnya mendatangi pesantren-pesantren yang berada di wilayah Jakarta seperti Pondok Pesantren Asshiddiqiyah di Jakarta Barat pada 15 Juni 2022.

Kemudian, pada 13 Juli 2022 mendatangi Pondok Pesantren Darunnajah, Jakarta Selatan. Selanjutnya hadir di pesantren yang berada di luar Jakarta antara lain Jawa Barat dan Banten.

"Beragam materi ajar yang diberikan mulai dari fotografi jurnalistik, menyusun artikel berita, video jurnalistik, mengelola media sosial, optimalisasi media digital dan lain lain diberikan kepada santriwan dan santriwati pondok pesantren yang telah menjalin kerja sama dengan SINDOnews," ujar Bahrur.

Kegiatan dihadiri ratusan santri sebagai peserta pelatihan jurnalistik yang diadakan di Aula Masjid Pondok Pesantren Al Hamid. Hadir sebagai pembuka kegiatan Pengasuh Pondok Pesantren Al Hamid KH Lukman Hakim Hamid dan Pemimpin Redaksi SINDOnews Pung Purwanto.

Kegiatan juga dihadiri Koordinator Fotografer SINDOnews Ratman Suratman, Redaktur Pelaksana SINDOnews Andryanto Wisnuwidodo, serta Kepala Madrasah Ibtidaiyah Al Hamid Ustaz Jamroji Ihyak.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1477 seconds (0.1#10.140)