Jakarta Habiskan Rp3,5 Triliun Setiap Tahun Subsidi Transjakarta dan Rp800 Miliar untuk MRT

Jum'at, 29 September 2023 - 18:22 WIB
loading...
Jakarta Habiskan Rp3,5 Triliun Setiap Tahun Subsidi Transjakarta dan Rp800 Miliar untuk MRT
Pemprov DKI Jakarta mengabiskan Rp3,5 triliun setiap tahun untuk subsidi ongkos Transjakarta dan Rp800 miliar untuk MRT. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebutkan pemerintah terus berupaya membuat masyarakat dapat mudah dan nyaman menggunakan moda transportasi umum. Bahkan APBD digelontorkan hingga Rp 3,5 triliun setiap tahunnya untuk mensubsidi ongkos Transjakarta .

"Kurang lebih Rp3,5 triliun untuk keseluruhan masyarakat menggunakan Transjakarta. Sekarang nilai karcis bus Transjakarta Rp3.500, padahal nilai ekonomi bus Transjakarta itu Rp14 ribu, kalau saya. Tapi kata Dishub itu Rp16 ribu," ujar Heru Budi Hartono, Jumat (29/9/2023).


Demikian juga untuk moda transportasi umum MRT Jakarta. Kata Heru, Pemprov DKI menggolontorkan subsidi untuk MRT Jakarta sebesar Rp800 miliar.

Nilai ekonomi tiket MRT riilnya sebesar Rp31 ribu. Namun, dengan subsidi masyarakat cukup membayar Rp14 ribu.

"Penumpang MRT saat ini 800 ribu. Setahun disubsidi Rp800 miliar. Itu salah satu cara pemerintah daerah memberikan kenyamanan warganya di Jabodetabek. Tidak hanya dari fasilitasnya namun subsidi," katanya.



Lebih lanjut ia menyebutkan konsep blue print pemerintah pusat telah membuat perencanaan integrasi LRT, MRT, dan Transjakarta.

Hal tersebut bermakna pemerintah daerah dan pemerintah pusat memberikan kenyamanan dan kemudahan pada transportasi di Jakarta.

"Apalagi karyawan DKI yang banyak di Bekasi dan Depok bisa lebih cepat menggunakan transportasi tersebut (LRT Jabodebek). Apalagi nanti kalau pusat integrasi itu sudah sampai di Dukuh Atas, Manggarai, dan Tanah Abang," pungkasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2146 seconds (0.1#10.140)