10 Hari ke Depan di Jakarta, Jabar, dan Banten Tak Ada Potensi Awan Hujan

Jum'at, 22 September 2023 - 06:44 WIB
loading...
10 Hari ke Depan di Jakarta, Jabar, dan Banten Tak Ada Potensi Awan Hujan
BMKG menyatakan tidak ada potensi awan-awan hujan hingga 10 hari ke depan di wilayah Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Foto/MPI/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan tidak ada potensi awan-awan hujan hingga 10 hari ke depan di wilayah Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

“Khusus untuk Jabodetabek potensi pertumbuhan awan hujan tanggal 21 September itu sudah berkurang, kemudian tanggal 22, 23, 24, sampai 10 hari kedepan itu malah kosong. Jadi itu untuk yang Jawa Barat, DKI, dan Banten ya,” ungkap Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam keterangannya, Jumat (22/9/2023).

Namun, lanjut Guswanto, sejumlah wilayah Indonesia lainnya khususnya di Sumatera terutama bagian Utara dan Barat, Riau, bahkan juga Kalimantan terpantau masih banyak potensi awan-awan hujan.

“Namun di wilayah selatan (Indonesia) itu potensi pertumbuhan akan hujan sangat kecil sekali,” ujarnya.


Guswanto menuturkan, teknologi modifikasi cuaca yang dilakukan untuk menurunkan hujan dengan basecamp di Landasan Udara Pangkalan TNI AU, Halim Perdanakusuma Jakarta memang khusus untuk menjangkau wilayah Banten, Jawa Barat, dan Jakarta.

“Saat ini dengan basecamp di Halim itu memang Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta yang menjadi targetnya,” tuturnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)