Perkuat Jaringan Komunikasi, JIP Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Milik Pemprov DKI

Jum'at, 01 September 2023 - 17:11 WIB
loading...
Perkuat Jaringan Komunikasi, JIP Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Milik Pemprov DKI
PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP) bertekad memperkuat jaringan telekomunikasi secara memadai dengan memanfaatkan sejumlah lahan tidur milik Pemprov DKI Jakarta. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP) , salah satu anak perusahaan Jakpro (Jakarta Propertindo) yang bergerak di bidang Information and Communication Technology (ICT) dan Telco bertekad memperkuat jaringan telekomunikasi secara memadai dengan memanfaatkan sejumlah lahan tidur milik Pemprov DKI Jakarta .

Ke arah sana, JIP bekerja sama dengan Badan Pengelolaan Aset Daerah (BPAD) DKI dan Jakarta Asset Management Center (JAMC) untuk memanfaatkan aset-aset tertentu milik Pemprov DKI.

General Manager Corporate Secretary and Legal JIP Aji Rizqi Yodhana mengatakan, keberadaan jaringan telekomunikasi sangat penting dalam menunjang aktivitas bisnis maupun komunikasi sehari-hari. Salah satu bentuk infrastruktur penunjang yaitu pembangunan menara telekomunikasi/Micro Cell Pole (MCP).



“Ini tentu sangat dibutuhkan, namun karena kepadatan penduduk yang terus meningkat penyedia telekomunikasi perlu menyediakan distribusi yang merata untuk cakupan dan kapasitas jaringan telekomunikasi yang optimal,” ujar Aji pada forum bertajuk ”Kuatkan Jaringan Telekomunikasi, JIP Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pemprov DKI Jakarta” di Jakarta, belum lama ini.

Pemanfaatan lahan ini untuk pengembangan tower telekomunikasi/MCP, Fiber To The X (FTTX), Penyelenggaraan Sarana Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT) dan Digital Signage (Periklanan Digital) yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta.

Menurut Aji, Jakarta sebagai kota dengan lahan yang terbatas, penggunaan aset Pemprov DKI harus direncanakan dengan cermat sehingga dapat dioptimalisasikan untuk pengembangan Kota Jakarta di masa mendatang.

Dia menuturkan salah satu pilar bisnis JIP yakni menyediakan infrastruktur telekomunikasi khususnya pembangunan tower provider di lahan Pemprov DKI.

Saat ini, JIP juga telah berinisiatif menggandeng seluruh operator di Indonesia guna menyediakan berbagai solusi dalam hal Inbuilding Coverage, Micro Cell Pole, Macro Cell Pole BTS guna memberikan sarana telekomunikasi pengembangan teknologi bagi masyarakat Jakarta.

“Optimalisasi lahan milik Pemprov DKI melalui pengembangan menara telekomunikasi/MCP, layanan FTTX maupun Penyelenggaraan SJUT dan digital signage tidak hanya untuk memberikan kemudahan akses komunikasi dan telekomuniasi bagi masyarakat, namun juga dapat menopang bisnis perusahaan serta turut menambah pendapatan daerah atas aset yang telah dimanfaatkan,” ungkapnya.

Direktur Utama JIP Araf Anbiya menambahkan kontribusi pendapatan terbesar perusahaan selama ini berasal dari pilar bisnis Digital and Advertising dengan tentakel utama Digital Out of Home atau biasa disebut Digital Signage (Periklanan Digital). Berikutnya adalah pilar bisnis Penyediaan Menara Telekomunikasi atau Tower Provider.

Dia optimistis target pendapatan perusahaan bakal tercapai seiring realisasi perkuatan jaringan telekomunikasi melalui optimalisasi lahan-lahan milik Pemprov DKI demi mewujudkan kota yang maju dan pintar, dengan menyediakan jaringan infrastruktur yang sepadan dan memadai.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)