Menteri LHK: Kualitas Udara Bogor Membaik setelah Turun Hujan

Senin, 28 Agustus 2023 - 19:08 WIB
loading...
Menteri LHK: Kualitas Udara Bogor Membaik setelah Turun Hujan
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. Foto/MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengungkapkan kualitas udara di wilayah Bogor membaik usai turun hujan pada Minggu, 27 Agustus 2023 sore.

Sebelumnya, Badan Riset Teknologi dan Inovasi (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), juga TNI AU telah mengupayakan untuk operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) sejak tanggal 24 Agustus untuk menurunkan hujan dalam mengatasi polusi udara.

“Soal teknik modifikasi cuaca, kemarin waktu tanggal 27 hujan, KLHK mengikuti sejak dari mulai hujan di Bogor kira-kira pukul 17.33 WIB. Kita KLHK mengikuti terus perkembangannya dan dalam recornd-nya KLHK setelah hujan itu pada pukul 15.30 WIB dari angka ISPU 97 di PM 2,5 itu pada pukul 18.30 angkanya drop menjadi 29. Artinya kualitas udara jadi baik. Itu di Bogor, yang di Bogor Tegar Beriman,” ungkap Siti saat konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (28/8/2023).

“Yang di Bogor Tanah Sereal itu pada pukul 16.00 WIB dari angka 87 itu drop angkanya menjadi angka di 13,” sambungnya.


Siti menuturkan, pencemaran udara akan tercuci dengan baik salah satunya ketika turun hujan. Meskipun, lanjut dia, dalam operasi TMC harus menunggu awan-awan uap air agar bisa dilaksanakan penyemaian NaCl atau garam.

“Jadi artinya memang seperti Saya pernah bilang bahwa kalau pencemaran udara itu naik ke udara, lalu berputar-putar di situ saja kan jadi susah, tetapi ketika dia tercuci memang jadi baik, tapi memang ada persoalan ketika TMC itu harus menunggu awan,” ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)