PSBB Transisi Dinilai Gagal, DPRD Sarankan DKI Bentuk Satgas Covid-19 Tingkat RT

Kamis, 30 Juli 2020 - 18:24 WIB
loading...
PSBB Transisi Dinilai Gagal, DPRD Sarankan DKI Bentuk Satgas Covid-19 Tingkat RT
Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Johnny Simanjuntak menilai PSBB Transisi di Jakarta gagal mencegah penyebaran Covid-19.Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta belum juga mengumumkan masa PSBB Transisi yang berakhir hari ini, Kamis (30/7/2020). Sejumlah pihak menilai PSBB transisi yang telah berlak hampir satu bulan tidak efektif lantaran kasus positif Covid-19 di Jakarta kian melonjak.

Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta , Johnny Simanjuntak mengatakan, PSBB Transisi di Jakarta gagal mencegah penyebaran Covid-19. Justru dia melihat pelonggaran pada masa PSBB ini menyebabkan melonjaknya kasus positif Covid-19 di Jakarta.

"Tingkat kesadaran masyarakat minim. Jumlah petugas tidak sebanding dengan kegiatan masyarakat. Pemprov DKI Jakarta harus segera mencari solusi untuk mengatasi hal ini," kata Johnny kepada wartawan, Kamis (30/7/2020). (Baca: Covid-19 Melonjak, Pakar Epidemiologi Sarankan DKI Tutup Perkantoran di Zona Merah)

Johnny menyarankan, cara-cara yang diangap mumpuni untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di adalah membentuk tim gugus tugas Covid-19 di tingkat RT dan RW. Tim gugus tugas ini yang nantinya bekerja mengedukasi masyarkat soal pencegahan wabah ini. Dengan cara seperti ini, lanjut Johnny, maka gerakan melawan Covid bisa dimualai dari tingakat paling bawah.

Dia meyakini cara ini jauh lebih jitu ketimbang menyuruh petugas menindak warga yang tidak pakai masker."Gerakan masyarakat perlu dibangun dan didayagunakan utntuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di DKI Jakarta. Cara ini belum menjadi perhatian Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid-19 Provinsi DKI Jakarta," pungkasnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0938 seconds (0.1#10.140)