Cegah Kebakaran, BPBD DKI Akan Bedah Instalasi Listrik di Permukiman Warga

Rabu, 16 Agustus 2023 - 04:01 WIB
loading...
Cegah Kebakaran, BPBD DKI Akan Bedah Instalasi Listrik di Permukiman Warga
BPBD menyiapkan sejumlah langkah untuk mitigasi bencana kebakaran dan kekeringan dampak dari fenomena El Nino di Indonesia. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyiapkan sejumlah langkah untuk mitigasi bencana kebakaran dan kekeringan dampak dari fenomena El Nino di Indonesia.

Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, dalam rangka pencegahan kejadian kebakaran, pihaknya berinisiasi melakukan pemantauan dan bedah instalasi listrik di kawasan permukiman penduduk menengah ke bawah.

“Kami sedang menyiapkan upaya pantau dan bedah instalasi listrik seperti yang pernah kami lakukan pada tahun 2022, untuk menekan kasus kebakaran. Hal ini mengingat kebanyakan kebakaran yang terjadi akibat adanya korsleting listrik," kata Isnawa dalam keterangannya, Selasa (15/8/2023).

Baca Juga: Jakarta Dilanda 1.122 Kebakaran Sepanjang Tahun 2023

Selain antisipasi kebakaran, Isnawa menyebut BPBD DKI juga mengantisipasi dampak kekeringan akibat fenomena El Nino. Termasuk memastikan pasokan air bersih dapat tersedia, dan melayani masyarakat selama menghadapi musim kemarau.

“Kami pastikan jajaran Pemprov DKI Jakarta siap menghadapi ancaman kekeringan dengan menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana pendukung milik PAM Jaya, Dinas SDA, dan instansi terkait lainnya, seperti 67 unit mobil tangki, 46 unit tandon air, 9 unit Instalasi Pengolahan Air (IPA) stasioner, dan 7 unit IPA mobile,” jelasnya.

Bahkan, dalam menghadapi kondisi yang serius, seluruh jajaran Pemprov DKI akan bersinergi bersama dengan instansi lain, yakni BPBD DKI Jakarta, Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Disnakertransgi DKI Jakarta, Satpol PP DKI Jakarta, PLN UID Jakarta Raya, hingga aparat kewilayahan lainnya.


Pihaknya mengimbau kepada warga untuk waspada terhadap dampak El Nino, juga memastikan perangkat elektronik, instalasi listrik dapat dijaga dengan baik. Terutama dalam pemeliharaan dan pemantauan kabel, serta steker listrik.

"Warga juga diharapkan dapat mematikan listrik apabila tidak digunakan untuk menghindari terjadinya korsleting listrik yang dapat memicu kebakaran," tutupnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2292 seconds (0.1#10.140)