Peluncuran LRT Jabodebek, Jokowi: Tak Usah Tergesa-gesa, Utamakan Keselamatan

Kamis, 03 Agustus 2023 - 12:03 WIB
loading...
Peluncuran LRT Jabodebek, Jokowi: Tak Usah Tergesa-gesa, Utamakan Keselamatan
Presiden Jokowi didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Menhub Budi Karya Sumadi, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjajal LRT Jabodebek, Kamis (3/8/2023). Foto: Antara
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai LRT Jabodebek sudah nyaman sebagai pilihan moda transportasi masyarakat. Meski demikian, Jokowi minta tidak perlu terburu-buru mengoperasikan kereta api ringan tersebut.

Pagi tadi Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, menjajal LRT Jabodebek dari Stasiun Harjamukti Depok hingga Stasiun Dukuh Atas Jakarta.


Selain menjajal LRT Jabodebek, Jokowi juga meninjau kesiapan sistem keamanan hingga keselamatan. Jokowi meminta LRT Jabodebek dioperasikan setelah semuanya siap.

"Jadi tidak usah tergesa-gesa untuk segera dioperasikan. Tetapi semuanya yang berkaitan dengan sistem, yang berkaitan dengan keamanan, yang berkaitan dengan keselamatan, itu harus diutamakan," kata Jokowi kepada wartawan setibanya di Stasiun Dukuh Atas..

Jokowi menekankan bahwa proyek LRT, MRT, hingga Kereta Cepat, baru pertama kali dikerjakan oleh Indonesia. Sehingga sangat wajar jika masih terdapat kekurangan.

"Kalau ada kekurangan, masih ada yang perlu dikoreksi, masih ada yang perlu dievaluasi, ya saya kira wajar," kata Jokowi.


"Jangan mengharapkan ini nanti operasi langsung semuanya sempurna, enggak. Pasti ada perbaikan-perbaikan sistem, perbaikan perbaikan teknis, dan lain-lainnya," tambahnya.

Diketahui, uji coba LRT Jabodebek secara terbatas akan dilaksanakan pada 5 Agustus 2023 dengan tarif Rp1. Sementara operasional penuh dijadwalkan dimulai 18 Agustus 2023.

Kepala Divisi LRT Jabodebek Purnomisidi memastikan semua masyarakat yang sudah mendaftarkan diri bisa mengikuti uji coba operasional terbatas itu.

LRT Jabodebek dibangun bertujuan untuk menekan kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Jagorawi. Oleh karena itu, LRT ini terintegrasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek).

LRT Jabodebek mengusung konsep transportasi umum yang aman, nyaman, dan terjangkau, sehingga diharapkan dapat memicu pengendara kendaraan pribadi beralih ke moda transportasi umum.

"Kita berharap apabila nanti sudah dioperasikan ini betul-betul bisa mengurangi kemacetan yang ada di Jakarta," kata Jokowi
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)