6 Tanda Jasa Koleksi Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis, 3 Didapat dari Matra TNI

Kamis, 20 Juli 2023 - 09:46 WIB
loading...
A A A
Bintang Bhayangkara Utama terdiri atas kalung, patra, dan miniatur. Bintang Bhayangkara Utama berbentuk bintang bersudut lima. Di antara sudut-sudut bintang tersebut terdapat pancaran sinar yang membentuk segi lima. Seluruh sinar-sinar tersebut berwarna emas.

Tepat di tengah bintang terdapat lambang Polri yang diapit setangkai padi dan kapas serta tiga bintang kecil membentuk lengkungan di atasnya. Di bagian bawah lambang terdapat pita melengkung yang di dalamnya bertuliskan BHAYANGKARA.

2. Bintang Bhayangkara Pratama

6 Tanda Jasa Koleksi Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis, 3 Didapat dari Matra TNI

Bintang Bhayangkara Pratama adalah kelas kedua dari Bintang Bhayangkara. Tanda kehormatan kelas ini setara dengan Bintang Kartika Eka Paksi Pratama, Bintang Jalasena Pratama, dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Pratama. Berbeda dengan kelas utama, kelas ini hanya terdiri atas lencana dan miniatur saja.

Bintang Bhayangkara Pratama berbentuk sama dengan Bintang Bhayangkara Utama, tetapi sinar-sinarnya berwarna perak. Selain itu, lingkaran padi dan kapas, lambang Polri, dan tiga bintang memiliki warna emas. Pita kalung dan miniatur kelas ini berwarna dasar hitam dengan lima lajur kuning yang membagi pita menjadi enam bagian sama lebar.

3. Bintang Bhayangkara Nararya

6 Tanda Jasa Koleksi Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis, 3 Didapat dari Matra TNI


Bintang Bhayangkara Nararya adalah kelas terakhir dari Bintang Bhayangkara. Kelas ini setara dengan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, Bintang Jalasena Nararya, dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya. Sama seperti kelas pratama, Bintang Bhayangkara Nararya hanya terdiri atas lencana dan miniatur.

4. Bintang Kartika Eka Paksi Utama

6 Tanda Jasa Koleksi Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis, 3 Didapat dari Matra TNI


Bintang Kartika Eka Paksi Utama merupakan kelas pertama dari Bintang Kartika Eka Paksi. Kelas ini setara dengan Bintang Jalasena Utama, Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama, dan Bintang Bhayangkara Utama.

Tanda jasa ini terdiri atas kalung, patra, dan miniatur. Bintang Kartika Eka Paksi berbentuk bintang bersudut 17 yang berwarna emas. Di atas bintang tersebut, dilukiskan bintang bersudut 7 berwarna perak yang di tengah-tengahnya dilukiskan lambang TNI Angkatan Darat.

5. Bintang Jalasena Utama

6 Tanda Jasa Koleksi Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis, 3 Didapat dari Matra TNI


Bintang Jalasena Utama adalah kelas pertama dari Bintang Jalasena. Tanda kehormatan kelas ini setara dengan Bintang Kartika Eka Paksi Utama, Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama, dan Bintang Bhayangkara Utama.

Tanda jasa ini terdiri atas kalung, patra, dan miniatur. Bintang Jalasena Utama berbentuk bintang bersudut delapan yang keseluruhannya berwarna emas. Dari kedelapan sudutnya, terdapat empat sudut yang ujungnya berupa bulatan.

Di antara sudut-sudut tersebut terdapat hiasan berwujud tiga buah gerigi. Di bagian tengah atas bintang terdapat tujuh belas rantai yang melingkar dan Garuda Pancasila di bawahnya. Tepat di tengahnya terdapat lambang Angkatan Laut yang diapit 45 bulir padi dan 17 buah kapas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)