Pemberdayaan Masyarakat, Kowarteg Ganjar Pelatihan Membuat Brownies

Senin, 10 Juli 2023 - 13:44 WIB
loading...
Pemberdayaan Masyarakat, Kowarteg Ganjar Pelatihan Membuat Brownies
Relawan Kowarteg Indonesia terus memberdayakan para pelaku UMKM di di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Minggu (9/7/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Relawan Komunitas Warung Tegal (Kowarteg) Indonesia terus memberdayakan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di DKI Jakarta. Salah satunya dengan menyelenggarakan pelatihan membuat kue.

"Kegiatan hari ini yaitu pelatihan UMKM. Adapun pelatihannya adalah pembuatan brownies kukus," kata Sekjen Kowarteg Indonesia Seno Herlangga di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Minggu (9/7/2023).

Melalui kegiatan ini, para relawan Ganjar Pranowo ini menyasar masyarakat umum, terutama pelaku UMKM. Tujuannya memperkuat ketahanan keluarga dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka.

"Tujuannya, yang pertama meningkatkan ketahanan keluarga. Mandiri untuk bisa membuat kue di keluarga dan bisa dijadikan (produk) UMKM. Kedua, meningkatkan ekonomi keluarga," tuturnya.

Brownies kukus dipilih sebagai objek pelatihan lantaran memiliki banyak penggemar sehingga cukup mudah dijual di pasaran. "Potensinya (brownies kukus) sangat tinggi karena bisa dijual-belikan untuk mendapatkan hasil ekonomi mandiri, meningkatkan ekonomi keluarga itu sendiri," lanjutnya.

Kegiatan-kegiatan yang digelar Kowarteg Indonesia dinilai berhasil mendapatkan dukungan dari masyarakat, khususnya para pelaku UMKM. Hal itu ditunjukkan dari sambutan positif masyarakat yang menjadi peserta kegiatan Kowarteg.

Korwil Kowarteg DKI Jakarta Mochammad Hasanudin memastikan jajarannya akan terus menggelar kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Selama ini, mereka konsisten membantu masyarakat menyediakan gerobak gratis lebih dari 100 pelaku UMKM di DKI Jakarta.

Dia menambahkan, kegiatan-kegiatan mereka selama ini terinspirasi dari program-program Ganjar Pranowo dalam mengembangkan UMKM. Masyarakat pun menyampaikan harapannya kepada relawan Kowarteg Indonesia agar Ganjar bisa lebih memperhatikan pelaku usaha kecil setelah terpilih menjadi Presiden 2024.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1211 seconds (0.1#10.140)