Tak Penuhi Syarat, Transportasi Online Akan Ditutup

Kamis, 24 Maret 2016 - 20:17 WIB
Tak Penuhi Syarat, Transportasi Online Akan Ditutup
Tak Penuhi Syarat, Transportasi Online Akan Ditutup
A A A
JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara meminta perusahaan transportasi berbasis online seperti Grab Car dan Taksi Uber untuk melengkapi persyaratan sampai 31 Mei 2016.

Persyaratan itu sejalan dengan kesepakatan yang disepakati bersama antar stakeholder, agar perusahaan transportasi online memiliki badan hukum atau bergabung dengan layanan transportasi yang sah.

"Saya dari Kominfo, saya ibaratkan sebagai penjaga stadion, wasitnya Menko Polhukam," ujar Rudiantara saat jumpa pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (24/3/2016). (Baca: Ahok Akan Legalkan Taksi Berbasis Online)

Jika dalam dua bulan tidak memenuhi persyaratan, kata dia, maka pintu untuk transportasi online beroperasi akan ditutup. "Karena targetnya dua bulan, nanti kalau misalnya tidak memenuhi persyaratan-persyaratan bendera dikibarkan oleh wasit, tutup gerbang," tandasnya.

Rudiantara menambahkan, Kominfo memberikan 'masa transisi' kepada perusahaan-perusahaan transportasi online hingga 1 Juni 2016. Namun, masa transisi persyaratan tersebut tak dipenuhi, maka pihaknya akan menutup aplikasi mereka.

"Sementara ini tetap berjalan apa adanya sampai Uber dan Grab Car menyelesaikan persyataran-persyaratan sebagaimana aturan dari sektor transportasinya," tegasnya. (Baca: Driver Go-Jek Jadi Tersangka Demo Anarkis Angkutan Umum)
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4581 seconds (0.1#10.140)