IPBI Dekorasi 14 Gereja di Jakarta-Tangerang dengan Daun Palma dan Anyaman Janur

Jum'at, 31 Maret 2023 - 20:23 WIB
loading...
IPBI Dekorasi 14 Gereja di Jakarta-Tangerang dengan Daun Palma dan Anyaman Janur
Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI) membuat dekorasi gereja dengan memadukan daun palma dan anyaman janur. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI) membuat dekorasi gereja dengan memadukan daun palma dan anyaman janur. IPBI menggandeng desainer flora dan perangkai janur dari Jakarta, Bali, Yogyakarta, dan Jawa Tengah.

Mereka bergerak bersama menghias altar dan ambo di 14 gereja baik gereja Katolik maupun gereja Kristen yang tersebar di Jakarta dan Tangerang. Rangkaian acara bertempat di showroom Abbasource X Taiping Indonesia, Menteng, Jakarta yang dimulai pada Kamis (30/3/2023).

Perayaan Minggu Palma merupakan pembuka Pekan Suci bagi umat Katolik. Dalam perayaan Minggu Palma, umat Katolik mengenang Yesus ketika memasuki Kota Yerusalem yang disambut dengan nyanyian dan lambaian daun palma.
Baca juga: Gereja Sion Diresmikan Tahun 1695, Terkenal dengan Nama Gereja Portugis

Karena itu, Minggu Palma identik dengan daun palma. Di dalam liturgi Minggu Palma, ruang gereja dihiasi dengan ornamen palma. Begitu pula umat yang menggenggam sehelai daun palma.

Lebih dari seratus perangkai bunga, perangkai bunga gereja, dan 25 pengrajin janur mulai merangkai janur dan palma nonstop hingga 31 Maret 2023. Pada 1 April, rangkaian mulai dikirim ke 14 gereja.

“Acara ini merupakan bakti IPBI kepada gereja dan tidak dipungut biaya. Tujuan kami mengangkat budaya bangsa Indonesia sebagai bentuk toleransi umat beragama. Meski acaranya memperingati Minggu Palma, namun para perangkai berasal dari lintas agama,” ujar Ketua IPBI Lucia Raras Purwaningrum, Jumat (31/3/2023).

Ketika merangkai bertepatan dengan bulan Ramadan kemudia saat berbuka mereka bersama-sama menikmati buka puasa di showroom.

Menurut Raras, acara ini terselenggara atas bantuan dan donasi banyak pihak. IPBI mengucapkan terima kasih kepada semua pihak mulai dari gereja, tokoh agama, perusahaan, mitra, dan seluruh anggota IPBI yang memberikan dukungan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kardinal Ignatius Suharyo yang memberi kesempatan kami untuk mendekorasi gereja di Keuskupan Agung Jakarta. Juga Romo Thomas Ulun Ismaya, Wakil Sekretaris Keuskupan Agung Jakarta yang membuka tangan membantu kelancaran acara ini, serta Abbasource yang menyediakan tempat untuk merangkai,” kata Raras.

Keindahan dekorasi janur bisa dinikmati di 14 gereja pada 1 April 2023 yaitu St Maria Regina, St Barnabas, Gereja Kristen Citra 1, Kapel Kedutaan Besar Vatikan, Maria Bunda Karmel, Regina Celi, St Yakobus, St Lukas, St Maria Immaculata, St Thomas Rasul, St Gabriel, Samadi, Katedral, serta Stefanus.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0930 seconds (0.1#10.140)