Dinkes DKI: Covid-19 Sangat Terkendali, 6 Orang Meninggal dalam Sepekan

Senin, 20 Maret 2023 - 07:03 WIB
loading...
Dinkes DKI: Covid-19 Sangat Terkendali, 6 Orang Meninggal dalam Sepekan
Dinkes DKI Jakarta memastikan situasi pandemi Covid-19 saat ini sangat terkendali meski ada kenaikan kasus positif dan kematian. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan ( Dinkes ) memastikan situasi pandemi Covid-19 saat ini sangat terkendali meski ada kenaikan kasus positif dan kematian. Sebanyak enam orang meninggal dunia akibat Covid-19 selama sepekan terakhir.

"Situasi Covid-19 di Jakarta sangat terkendali walaupun ada sedikit kenaikan kasus positif dan kematian dalam satu minggu terakhir. Kita fokus mencegah kematian pada kasus positif, karena dalam seminggu terakhir ada enam orang meninggal," kataKepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinkes DKI JakartaNgabilaSalama dalam keterangannya, Senin (20/3/2023).

Ngabila menjelaskan enam orang meninggal diatas usia 50 tahun dan memiliki komorbid berat. Selain itu belum vaksinasi Covid-19 juga menjadi faktor.

"Semua berusia diatas 50 tahun, empat orang beluk vaksin sama sekali, dua orang sudah vaksin dosis tiga (belum vaksinasi dosis ke-4), dan semua memiliki komorbid berat terutama hipertensi dan diabetes mellitus yang merupakan silent killer dan mother of disease," tuturnya.

Sementara itu, kondisi keterisian rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) yang menjalani perawatan di bawah angka 10 persen. "BOR keterisian rumah sakit relatif tetap di 6-7 persen," ujarnya.



Lebih lanjut, Dinkes DKI mengimbau agar masyarakat tertib bermasker hingga menghindari sementara orang yang tidak sehat. Tak hanya itu, vaksinasi juga terus digenjot Pemprov DKI.

"Apa pun variannya, cegah sakit dengan disiplin bermasker, hindari orang yang sedang sakit. Masker dapat melindungi dari berbagai penyakit menular seperti batuk pilek yang disebabkan oleh virus atau bakteri lainnya, campak, rubella, TBC, difteri, dan lain-lain,” tuturnya.

“Cegah kematian dengan vaksinasi Covid-19 lengkap sebanyakempat kali untuk usia 18 tahun ke atas. Selagi ada dan gratis. Lokasi vaksinasi dapat dilihat di instagram @dinkesdki atau puskesmas dan RSUD terdekat dari lokasi warga berada. Bisa untuk KTP seluruh Indonesia," sambungnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3995 seconds (0.1#10.140)