Sungai Ciliwung Meluap, 11 RT di Kampung Melayu dan Bidara Cina Terendam Banjir

Selasa, 14 Maret 2023 - 13:09 WIB
loading...
Sungai Ciliwung Meluap, 11 RT di Kampung Melayu dan Bidara Cina Terendam Banjir
Banjir merendam permukiman warga di Kampung Melayu dan Bidara Cina, Jakarta Timur akibat luapan Sungai Ciliwung, Selasa (14/3/2023). Foto: Ilustrasi/Antara
A A A
JAKARTA - Banjir merendam permukiman warga di Kampung Melayu dan Bidara Cina, Jakarta Timur akibat luapan Sungai Ciliwung , Selasa (14/3/2023).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mencatat terdapat satu ruas jalan tergenang dan 11 Rukun Tetangga (RT) yang terendam banjir di Jakarta hari ini.


Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adjie menyebutkan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya menyebabkan kenaikan status siaga Pos Pantau Depok dan Pintu Air Manggarai menjadi Siaga 3 (Waspada)

"Di Kelurahan Kampung Melayu ada 10 RT yang terendam akibat luapan Kali Ciliwung dengan ketinggian 20-75 cm. Kemudian satu RT di Kelurahan Bidara Cina yang terendam banjir dengan ketinggian 35 cm," ujarnya.

Selain itu, banjir merendam Jalan Mangga Raya di Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Koja Jakarta Utara dengan ketinggian 20 cm. Sementara banjir surut terdapat di lima RT Kelurahan Cawang.



BPBD sudah mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat. Bersama dengan para lurah dan camat setempat, petugas melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik.

"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat. Kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan," pungkasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3514 seconds (0.1#10.140)