Cegah Stunting, Ratusan Remaja Putri di Jakut Diberi Pemahaman Gizi

Rabu, 25 Januari 2023 - 17:06 WIB
loading...
Cegah Stunting, Ratusan Remaja Putri di Jakut Diberi Pemahaman Gizi
Ratusan remaja putri diberi pemahaman soal anemia dan gizi. Hal itu sebagai upaya pencegahan stunting. Foto: MPI/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Ratusan remaja putri dan guru dari berbagai sekolah di wilayah Kecamatan Cilincing , Jakarta Utara, diberikan pemahaman anemia dan gizi. Pemahaman itu sebagai upaya pencegahan stunting .

Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing dr Raden Achmad Sigit mengatakan, pihaknya memberikan Seminar Aksi Bergizi Cilincing soal anemia dan cegah stunting di Islamic Center Jakarta Utara.

"Sasaran kita adalah remaja putri di tingkat SMP dan SMA yang menjadi tolak ukur untuk diintervensi terkait anemia dan pencegahan stunting," kata Raden saat dikonfirmasi, Rabu (25/1/2022).

Menurut Raden, untuk mencegah terjadinya stunting pada anak balita maka segala sesuatunya harus dipersiapkan sejak dini dan diawali dari fase remaja.

"Awal persiapannya dari remaja putri karena saat dewasa nanti mereka akan menjadi ibu yang akan menjalani masa kehamilan, melahirkan sampai gizi untuk anaknya yang dilahirkan harus dipenuhi," tuturnya.



Dengan mengangkat tema Remaja Cantik Bebas Anemia Untuk Cegah Stunting, Raden berharap, seluruh remaja putri di wilayah Cilincing dapat rutin mengkonsumsi makanan bergizi dan terpenuhinya zat besi untuk pencegahan anemia.

"Tadi juga dilakukan secara bersama-sama kampanye minum tablet tambah darah bagi remaja putri. Diharapkan, mereka bisa mengkonsumsi tablet tambah darah secara rutin setiap seminggu sekali," imbuhnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Sudin Kesehatan Jakarta Utara dr. Wahyu Laksono menilai, pembekalan ini sangat penting.

"Nantinya, mereka adalah calon ibu sehingga harus dibekali sejak dini. Salah satunya agar mereka bisa terbebas dari anemia dan kasus stunting jangan sampai muncul di kemudian hari," tuturnya.

Salah satu peserta seminar yaitu siswi SMK Sahid I Cilincing, Feliza mengatakan berbagai ilmu dan wawasan tentang asupan makanan bergizi, pemenuhan zat besi, dan hal lainnya yang didapatkan dari kegiatan seminar tersebut.

"Kegiatan ini sangat baik dan bermanfaat sekali untuk perempuan sehingga membuat kita semakin percaya bahwa gizi itu penting untuk diri kita," ucapnya.

"Setelah mengetahui banyak hal tentang asupan gizi nanti akan saya coba terapkan dan seimbangkan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman di setiap harinya," pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1484 seconds (0.1#10.140)