DKI Anggarkan Rp40 Miliar untuk Konstruksi Sheet Pile Kali Pesanggrahan

Kamis, 19 Januari 2023 - 14:13 WIB
loading...
DKI Anggarkan Rp40 Miliar untuk Konstruksi Sheet Pile Kali Pesanggrahan
Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.Foto/MPI/Muhammad Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta akan menormalisasi Kali Pesanggrahan di titik Kembangan, Jakarta Barat. Anggaran Rp40 miliar akan dialokasikan untuk pembangunan konstruksi sheet pile normalisasi kali tersebut.

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan, normalisasi Kali Pesanggrahan dilakukan dengan pembuatan turap atau sheet pile sepanjang 1.400 meter. Normalisasi ini penting dilakukan karena wilayah tersebut kerap dilanda banjir saat hujan deras maupun akibat luapan kali.

"Tahun ini kita normalisasi Kali Pesanggarahan wilayah Kembangan Selatan salah satu area yang sering banjir dan meluap sampai ke perempatan Puri-Kedoya," kata Heru kepada awak media di Kali Pesanggrahan, Jalan Briti B, Kembangan Selatan, Jakarta Barat, Kamis (19/1/2023).

Menurut dia, proyek normalisasi ditargetkan rampung akhir tahun ini. Heru pun meminta warga untuk membantu bergeser apabila ada bangunan yang terdampak akibat normalisasi sepanjang 1.400 meter tersebut.

"Berdasarkan data yang ada kurang lebih panjangnya 1.400 meter dan alur yang kita selamatkan sesuai dengan eksisting sehingga sisi timur itu 795 meter dan sisi baratnya 605 meter. Nanti di area sini sampai dengan tol lampu merah (Jalan Puri-Kedoya) di sana dapat mengurangi banjir," tuturnya.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Yusmada Faizal mennuturkan, normalisasi dilakukan dengan penguatan tanggul, konstruksi sheet pile, bronjong, dan lain-lain. "Saat ini sudah masuk tahap lelang dan berharap Maret atau April nanti sudah dapat dimulai," tuturnya.

Yusmada melanjutkan, anggaran konstruksi sheet pile normalisasi Kali Pesanggrahan sepanjang 1.400 meter sebesar Rp40 miliar."Akhir tahun mudah-mudahan sudah rampung," ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1131 seconds (0.1#10.140)