Anies Sidak Proyek Saringan Sampah Kali Ciliwung di Perbatasan Jagakarsa

Senin, 26 September 2022 - 09:48 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sidak ke proyek saringan sampah Kali Ciliwung di kawasan TB Simatupang, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin (26/9/2022) pagi. Foto: MPI/Refi Sandi
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan inspeksi mendadak ( sidak ) ke proyek saringan sampah Kali Ciliwung yang berlokasi di kawasan TB Simatupang, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin (26/9/2022) pagi. Saringan di perbatasan ini untuk meminimalisir sampah masuk wilayah dalam kota.

Anies datang ke lokasi proyek didampingi Wakilnya Ahmad Riza Patria, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Setda DKI Affan Adriansyah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Asep Kuswanto, dan perwakilan PP Presisi konstruksi.



"Pagi ini saya melakukan kunjungan kerja menyaksikan dari dekat pembangunan saringan sampah," ujar Anies.

Anies menceritakan, ketika mulai bekerja di Jakarta sebagai gubernur pada awal 2018, air Sungai Ciliwung meningkat dan di Pintu Air Manggarai terjadi timbunan sampah yang luar biasa banyak.



"Kemudian pada saat itu, saya tanyakan pada tim, ini sampah dari mana?. Sampah banyak datang justru dari kawasan, dari luar Jakarta masuk melalui Sungai Ciliwung," kata Anies.



"Pertanyaan saya kemudian, kenapa tidak disaring sebelum masuk ke dalam kota sehingga seluruh kawasan aliran sungai, kanan kiri sepanjang Ciliwung di dalam Kota Jakarta terbebas dari limpahan sampah ini," sambung Anies.

Dari situ lah kemudian dibahas, didiskusikan, dan diputuskan untuk dilakukan pembangunan saringan sampah di tempat sebelum masuk permukiman dan kawasan yang lebih padat.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More