Geliat Pasar Antik Jalan Surabaya Menteng, Surga Kolektor Barang-barang Kuno

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:56 WIB
Pasar Antik Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat yang digandrungi orang-orang baik warga lokal hingga turis mancanegara. Foto: MPI/Muhammad Farhan
JAKARTA - Sebuah jalan sepanjang 500 meter membentang di Jalan Surabaya, Menteng , Jakarta Pusat. Jalanan itu dipenuhi pedagang yang menjajakan barang antik kuno .

Itulah Pasar Antik Surabaya. Pusat penjualan barang antik yang terletak di tengah Jakarta. Pasar ini sudah digandrungi orang-orang baik warga lokal hingga turis mancanegara untuk mencari barang-barang kuno. Umumnya, para pembeli yang mencari barang antik biasanya untuk digunakan sebagai pajangan atau aksesoris pemanis tempat tinggal.

Baca juga: 5 Artis Ini Hobi Koleksi Barang Antik dan Kuno, Ada Randy Martin hingga Ahmad Dhani

Bentuk-bentuk barang antik pun beragam, mulai dari porselen, pajangan berbentuk logam, patung-patung kecil yang terbuat dari batu giok, keris, senjata kuno, bahkan berbentuk putaran piringan hitam tampak anggun dipajang di kios-kios pasar tersebut.

Setiap kios menjual barang antik dan bersejarah, namun tidak memiliki nama toko, hanya nomor-nomor yang berbeda untuk membedakan antara kios satu dengan kios lainnya.



Pedagang barang antik, Asep (32) menuturkan Pasar Antik Jalan Surabaya telah berdiri sejak tahun 1970-an. Dia meneruskan usaha pamannya karena menikmati keindahan barang-barang antik sekaligus menjadi hobi tersendiri.

"Di sini kebanyakan kita jual barang-barang lama. Yang banyak dicari itu yang unik-unik kayak lampu-lampu hias," ujar Asep, Kamis (7/7/2022).



Pasar Antik Surabaya. Foto: MPI/Muhammad Farhan
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More