Cegah Banjir, Pemkot Depok Keruk Kali Krukut Pancoran Mas

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:50 WIB
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok melakukan normalisasi Kali Krukut, Pancoran Mas. Foto: Dok SINDOnews
DEPOK - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok melakukan normalisasi Kali Krukut , Pancoran Mas. Pengerukan untuk mencegah banjir sehingga daya tampung air lebih besar.

“Kami normalisasi Kali Krukut demi memaksimalkan penyerapan air,” kata Kepala Dinas PUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty, Minggu (26/6/2022).

Normalisasi dilakukan karena kondisi kali yang mengalami pendangkalan sehingga banyak material yang menghambat penyerapan air. “Kali ini sudah sangat dangkal akibat tumpukan sedimen lumpur dan batu-batu,” ucapnya.

Baca juga: Pengerukan Kali Mampang Terkendala Bangunan Rumah di Bantaran Kali

Pengerjaan telah dilakukan sejak pekan lalu. Untuk normalisasi dikerahkan alat berat yaitu amphibi dozan pc 35. “Rencananya terus berlanjut dan tidak ada target. Saat ini yang sudah dikerjakan sepanjang 300 meter dan kemungkinan akan terus bertambah,” kata Citra.



Upaya mencegah banjir juga perlu kerja sama dengan masyarakat. Artinya, diharapkan warga tidak membuang sampah ke kali yang menyebabkan penyumbatan.

“Kebersihan harus dijaga bersama. Pemerintah Kota Depok tidak bisa bekerja sendiri. Mudah-mudahan upaya normalisasi ini bisa memaksimalkan fungsi penyerapan dan aliran air menuju hilir,” ujarnya.
(jon)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More