Musim Hujan, Ini Lokasi Rawan Banjir Musiman di Bekasi

Rabu, 15 September 2021 - 13:36 WIB
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi memetakan beberapa lokasi rawan banjir ketika musim hujan tiba.Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
BEKASI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi memetakan beberapa lokasi rawan banjir ketika musim hujan tiba. Untuk itu, masyarakat Bekasi diminta waspada dan mempersiapkan datangnya banjir musiman ini.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bekasi, Enung Nurcholis meminta masyarakat yang berada di 12 kecamatan dan 56 kelurahan untuk mengantisipasi datangnya banjir musiman.”Sekarang masuk musim hujan, kami minta warga waspada dan mengantisipasi datangnya banjir musiman,” kata Enung kepada wartawan Rabu (15/9/2021).

Berdasarkan pemetaan petugas di lapangan, banjir karena hujan lokal dengan intensitas tinggi yang patut waspada warga di Perumahan Pondok Hijau Permai, Perumahan Rawalumbu, Dosen IKIP, Bumi Nasio, Graha Indah, CKP sampai ke Kompleks Mandala.

”Karena ada kali-kali lokal yang berdekatan dengan Kali Sunter dan Kali Bong,” ujarnya. Adapun warga yang tempat tinggalnya berada ataupun berdekatan dengan bantaran sungai harus waspada datangnya banjir kiriman.

Saat ini, kata dia, terdata ada 8 titik waspada banjir kiriman yakni berada di Perumahan Villa Jatirasa, Pondok Gede Permai (PGP), Bojong Menteng, Bantar Gebang, Kemang IFI, Kompleks AL, Kompleks Depnaker, dan Jaka Kencana.



Enung menambahkan, BPBD sudah menyiapkan sebanyak 28 perahu karet dan fiber yang disiagakan untuk mengantisipasi masuknya musim hujan.”Dari 28 unit yang tersedia terbagi dalam perahu refting (perahu dayung) itu ada 20 perahu, sedangkan untuk fiber ada 8 perahu yang siaga 24 jam untuk mengantisipasi datangnya banjir,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Enung, Pemerintah Kota Bekasi juga menyiagakan tenda darurat di 12 Kecamatan untuk mengantisipasi datangnya banjir musiman. Sementara intansi lainya masih melakukan normalisasi maupun perbaikan tanggul di wilayah permukiman warga yang beberapa waktu lalu jebol akibat banjir.
(hab)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More