Warga Padati Bundaran HI Jelang Pelantikan Prabowo-Gibran

Minggu, 20 Oktober 2024 - 09:38 WIB
Warga memadati area Bundaran HI hingga Jalan MH Thamrin menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Minggu (20/10/2024). Mereka akan menikmati hiburan yang ditampilan di belasan panggung yang disiapk
JAKARTA - Ribuan warga memadati kawasan Bundaran HI hingga Jalan MH Thamrin menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka , Minggu (20/10/2024). Mereka akan menikmati hiburan yang ditampilan di belasan panggung yang disiapkan.

Pantauan SINDOnews, warga memadati ruas jalan setelah rekayasa lalu lintas dilakukan. Jalan Sudirmah hingga Jalan MH Thamrin ditutup untuk kendaraan bermotor.

Masyarakar yang hadir menikmati hiburan panggung rakyat yang sudah disediakan. Panggung-panggung ini memang sengaja disediakan untuk memeriahkan acara pelantikan Prabowo-Gibran.





Acara musik hingga festival kebudayaan ditampilkan di panggung tersebut. Tak hanya warga, sejumlah relawan Prabowo-Gibran juga terlihat di sekitaran Bundaran HI. Situasi terpantau kondusif.

Seusai dilantik di Gedung MPR, Prabowo-Gibran akan menuju Istana Merdeka dan Istana Wapres. Pelantikan dimulai pukul 10.00 WOB.

Sementara, aparat TNI/Polri menjaga ketat di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Kompleks Gedung DPR/MPR RI.

Pantauan SINDOnews, ratusan aparat tersebut berbaris menjadi barier di sepanjang jalur sepeda Jalan Jenderal Sudirman. Hal ini mengantisipasi aktivitas masyarakat yang hendak menyambut kedatangan Prabowo-Gibran.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya melaporkan sebanyak 6.757 aparat gabungan yang dikerahkan untuk mengamankan pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Periode 2024-2029.

Personel gabungan itu terdiri dari 4.100 personel Satgas Polda Metro Jaya, 1.667 personel gabungan Satgas Polres jajaran Polda Metro Jaya, 857 Satgas Polres Jakarta Pusat, serta 133 personel BKO dari Pemda dan stakeholder terkait.

Sebanyak 100 ribu prajurit TNI dari tiga matra juga dikerahkan untuk ikut dalam pengamanan pelantikan Prabowo-Gibran. Selain itu, terdapat anggota Paspampres yang berjaga di ring 1 atau pengamanan tamu VVIP akan diperkuat dengan pasukan sniper yang berjaga.

"Ring 1 dari Paspampres lengkap dengan sniper dan antidrone dan ring 2, 3 pasukan TNI dan kepolisian," kata Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dalam Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2024).
(zik)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More