Dapat Makan Bergizi Gratis, Siswa SMP 161 Jakarta: Enak, Komplet Lauknya

Kamis, 19 September 2024 - 13:35 WIB
Ratusan siswa SMP 161 Jakarta, Kebayoran Lama mendapatkan makan bergizi gratis program Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Kamis (19/9/2024). Foto: SINDOnews/Ari Sandita Murti
JAKARTA - Ratusan siswa SMP 161 Jakarta di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan mendapatkan makan bergizi gratis program Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Kamis (19/9/2024). Mereka antusias dengan makanan gratis tersebut.

Dengan makan bergizi gratis, siswa tak usah membawa bekal makanan lagi sekaligus menghemat uang saku. Kegiatan itu dimonitor langsung Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Edi Sumantri dan Kasudin Pendidikan Wilayah 1 Jakarta Selatan Sarwoko.





Siswa kelas 7 SMP 161 Jakarta Malika menuturkan biasanya membawa bekal agar bisa makan di sekolah saat siang hari. Adanya makan bergizi gratis membuat orang tuanya tak repot-repot menyiapkan bekal.

"Biasanya bawa bekal dari rumah, mama sudah tahu hari ini akan ada makan bergizi gratis, jadi tidak disiapkan bekal. Kalau nggak dibawain bekal ya beli jajan-jajan begitu. Biasanya kalau bekal itu sama Nuget, ini (makan gratis) sudah ada ayamnya, tempe, sayur, sama pisang. Enak, komplet lauknya," ujar Malika, Kamis (19/9/2024).

Sarwoko mengatakan keterlibatan CSR dalam program makan bergizi gratis sangatlah positif. Makan bergizi gratis juga dijamin kesehatannya lantaran disesuaikan dengan standar gizi untuk para siswa.

"Program makan bergizi gratis baru pertama dilaksanakan di wilayah 1 Jakarta Selatan di SMP 161 ini. Sangat positif, termasuk uji coba sekaligus kepedulian CSR pada anak-anak sekolah," tuturnya.

"Makanan ini dipastikan higienis. Di SMP 161 Jakarta ini ada 970 siswa plus guru. Selain pemberian makan bergizi gratis, ada juga sosialisasi yang dilakukan QRUPI," ujarnya.

Direktur Utama PT Jaxer Sumitra Nusantara yang membawahi QRUPI, Ansari Kadir mengaku senang dapat terlibat sekaligus mendukung program Prabowo-Gibran terkait makan bergizi gratis. Terlebih, program ini bertujuan menurunkan angka stunting di Indonesia dan menciptakan generasi muda yang unggul dan kompeten.

"Kami senang dapat terlibat di sini yang fokus terhadap presensi, penilaian perilaku baik serta monitoring makan bergizi gratis. Kehadiran QRUPI di SMP 161 Jakarta Selatan ini sebagai bentuk pengawasan sekaligus demo monitoring berjalannya program Prabowo-Gibran terkait makan bergizi gratis," ungkapnya.

"Adanya QRUPI ini sebagai solusi untuk mengawasi dan memonitoring pembagian makanan bergizi gratis, mempermudah guru, mempermudah orang tua untuk memantau, hingga mempermudah dinas terkait memonitoring," tambahnya.

Dia menjelaskan sistem QRUPI dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan memudahkan guru dan orang tua dalam memantau perkembangan anak didik hingga dapat membantu mengatasi masalah klasik pelajar seperti kedisiplinan saat proses pembelajaran.
(jon)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More