Penjelasan Suswono Gemar Blusukan ke Pasar, Ungkap Masalah Pangan di Jakarta

Minggu, 08 September 2024 - 13:56 WIB
Bakal Cawagub DKI Jakarta, Suswono melakukan blusukan ke Pasar Kramat Jati dan menyebut persoalan pangan di Jakarta masih menjadi kendala masyarakat. Foto/SINDOnews/Danandaya Arya Putra
JAKARTA - Bakal Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Suswono melakukan blusukan ke Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (8/9/2024). Usai tinjauannya dia menyebut persoalan pangan di Jakarta masih menjadi kendala masyarakat.

"Dari hasil survei, itu ternyata yang masih jadi kendala di Jakarta adalah persoalan pangan. Artinya, harga yang masih belum terjangkau oleh sebagian masyarakat," ujar Suswono kepada wartawan, Minggu (8/9/2024).

Sebagai mantan Menteri Pertanian menurutnya, ada tiga kebutuhan rakyat yang utama, yakni pintar, kenyang, dan sehat. Oleh karena itu demi membuat kenyang masyarakat dengan makanan yang sehat suplai kebutuhan pokok akan menjadi prioritasnya.



"Pertama Jakarta ini kan sudah tidak memungkinkan lagi untuk produksi dalam skala besar pangan. Makanya, dijamin suplainya. Makanya tadi saya tanya beberapa soal suplai sejauh ini bahan-bahan pokok ke Jakarta lancar atau tidak. Alhamdulillah dari laporan relatif lancar, artinya, fluktuasi harga tidak ekstrem," katanya.



Namun dia menegaskan , meski banyak kebutuhan pangan yang dikirim dari berbagai daerah, bukan berarti Jakarta ini tak bisa memproduksi hal tersebut. Sebab ada banyak cara membuat pertanian di kota yang padat penduduk.

"Tetapi bukan berarti Jakarta itu nanti tidak bisa memproduksi pangan. Karena kita bisa juga menggerakkan yang namanya urban farming, pertanian kota," tuturnya.

"Jadi lahan-lahan sesempit apapun sebetulnya bisa untuk mendukung ketahanan pangan. Nanam cabai kan gampang, pakai polybag di depan rumah ataupun nanam kangkung di pagar, bisa kok, asal ada kemauan," sambungnya.
(maf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More