Khoirudin PKS Sebut Ahmad Syaikhu Sudah Perjuangkan Pasangan Anies-Sohibul ke Sejumlah Parpol

Senin, 12 Agustus 2024 - 15:31 WIB
Anies Baswedan dan Mohamad Sohibul Iman. Foto/Istimewa
JAKARTA - Ketua DPW PKS Jakarta Khoirudin mengungkapkan bahwa Presiden Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ) Ahmad Syaikhu sudah memperjuangkan pasangan Anies Baswedan-Sohibul Iman (AMAN) agar mendapatkan dukungan untuk maju Pilkada Jakarta . Khoirudin menyebut dukungan itu sudah diminta ke sejumlah pimpinan partai politik.

Hal itu disampaikan Khoirudin melalui sebuah rekaman saat menanggapi pernyataan Anies yang sudah beredar di publik. Rekaman itu pun telah diizinkan untuk dikutip oleh media.

"Pak Ustaz Ahmad Syaikhu secara terbuka sudah memperjuangkan Pak Anies dan Pak Sohibul Iman agar bisa mendapat dukungan maju sebagai calon gubernur dan wakil gubernur dengan menyampaikan meminta dukungan dari pimpinan partai Nasdem, Perindo, PSI, PKB, bahkan Gerindra sekalipun," kata Khoirudin dalam rekaman itu, Senin (12/8/2024).



Di sisi lain, terkait deadline pencalonan di Pilkada Jakarta 2024, PKS telah meminta Anies untuk memastikan dukungan Nasdem hingga PKB ikut mengusung pasangan Anies-Sohibul Iman.

Baca Juga: Menerka Pendamping dan Lawan Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta

"Maka ketika akhir Juli Presiden PKS dan PIC-nya menyampaikan keputusan PKS langsung ke Pak Anies, soal tenggat waktu 4 Agustus, tentu bukan soal persetujuan Pak Anies terhadap Pak Sohibul Iman sebagai cawagub untuk Pak Anies, melainkan keberhasilan Pak Anies untuk mendapatkan kepastian tambahan dukungan dari partai lain seperti Nasdem dan atau PKB," ujarnya.

Khoirudin mengungkapkan bahwa Presiden PKS Ahmad Syaikhu telah menanyakan terkait tambahan dukungan kepada Anies setelah tanggal 4 Agustus. Akan tetapi, hingga saat itu, Anies belum mendapatkan kepastian.

"Tetapi sampai melewati tanggal 4 Agustus ketika PIC dari PKS menanyakan hasil perjuangan Pak Anies untuk mendapatkan kepastian dari Nasdem dan atau PKB untuk mencalonkan Pak Anies ternyata Pak Anies belum bisa mendapatkan kepastian,” ujarnya.

Khoirudin kemudian menyebutkan adanya sikap PKB dan Nasdem yang memperlihatkan ketidakinginan untuk melanjutkan rencana pencalonan Anies.

"Sementara dari pimpinan Nasdem, Pak Sahroni dan PKB Pak Jazilul Fawaid justru pada akhir Juli dan awal Agustus malah menyampaikan pernyataan terbuka yang mudah dipahami bahwa mereka tidak jadi, tidak melanjutkan dukungan pada Pak Anies sebagai calon gubernur di Jakarta," jelasnya.
(zik)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More