PKB Dinilai Bisa Balas Budi PKS dengan Dukung Anies-Sohibul

Kamis, 25 Juli 2024 - 16:31 WIB
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dinilai bisa membalas budi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan mendukung Anies Baswedan-Sohibul Iman di Pilgub Jakarta 2024. Foto/Dok PKS
JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dinilai bisa membalas budi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan mendukung Anies Baswedan-Sohibul Iman di Pilgub Jakarta 2024. Partai Nasdem sudah menyerahkan kepada Anies mengenai calon wakil gubernur (cawagub).

Anies maju sebagai calon gubernur (cagub) Jakarta dari Partai Nasdem. “Itu artinya Partai Nasdem telah resmi mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024,” ujar Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion Dedi Kurnia Syah kepada wartawan, Kamis (25/7/2024).

Namun, kata dia, partai politik (parpol) pengusung tetap melakukan kontrol. Cawagub yang dipilih Anies nantinya meski mengantongi restu parpol koalisi.





"Nasdem mengusung Anies di Jakarta, tapi tidak bisa sendiri. Harus melakukan koalisi, itu apa dengan PKS atau partai lainnya," tuturnya.

Dia mengingatkan, PKS pada Pilpres 2024 telah menyetujui calon dari PKB. Ketika itu, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menjadi cawapres pendamping Anies.

Di Pilkada Jakarta 2024, ujar dia, PKB bisa saja membalas budi kepada PKS. “Kalau PKB konsisten, maka bisa saja mereka membalas budi di Pilkada Jakarta dengan calon dari PKS, Sohibul Iman,” ungkapnya.

“Apalagi PKB sendiri belum punya tokoh yang bisa mengerek elektabilitas Anies Baswedan. Misalnya, Ida Fauziyah kalau di Jakarta elektabilitas masih jauh dari Sohibul Iman,” sambungnya.

Dedi memprediksi pertarungan PKS dan PKB di Pilkada Jakarta cenderung lebih lunak. Dia melanjutkan, PKS sebagai partai dominan di Jakarta akan mengajukan calonnya kepada Anies.

"Di Pemilu sebelumnya Anies dekat dengan PKS, tidak menutup kemungkinan dia ambil calon dari partai ini," pungkasnya.
(rca)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More