Konsolidasi Relawan Kita Siap Perjuangkan Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta 2024

Minggu, 23 Juni 2024 - 17:45 WIB
Ridwan Kamil memberikan pandangan mengenai Jakarta ke depan, khususnya seiring pembangunan IKN saat konsolidasi Relawan Kita (RK) di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Sabtu (22/6/2024). Foto: Ist
JAKARTA - Wacana Ridwan Kamil menjadi calon Gubernur Jakarta 2024 yang selama ini menjadi perbincangan elite politik kini telah direspons oleh kelompok warga dengan membentuk Relawan Kita (RK). Relawan ini siap memperjuangkan mantan Gubernur Jawa Barat itu di Pilgub Jakarta November 2024.

Dalam rangka HUT Ke-497 Jakarta, RK mengadakan konsolidasi di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Sabtu (22/6/2024). Ridwan Kamil hadir dan memberikan pandangan mengenai Jakarta ke depan, khususnya seiring pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).





“Pilkada Jakarta 2024 ini bersejarah karena bersamaan dengan pembangunan IKN. Saya katakan, Jakarta tidak perlu takut pada IKN karena Jakarta akan tetap punya relevansinya sendiri sebagai kota yang sudah eksis ratusan tahun,” ujar Ridwan Kamil yang juga Kurator IKN di tengah-tengah relawan yang berbaju kuning dan biru.

Ridwan Kamil juga menyoroti berbagai masalah yang tengah dihadapi Jakarta, salah satunya polusi udara. Menurut dia, kota yang baik dan humanis adalah ketika orang lebih rindu nongkrong di luar ruangan daripada di dalam ruangan. Itu hanya bisa terjadi ketika itu aman, nyaman, dan ramah khususnya kepada anak-anak, perempuan, dan lansia.

“Apa yang terjadi di Jakarta tidak terlepas dari apa yang terjadi di tingkat global seperti global warming dan disrupsi digital. Juga dari apa yang terjadi di wilayah sekitarnya. Memimpin Jakarta harus memahami wilayah-wilayah tetangganya yakni Jawa Barat dan Banten. Jakarta harus menjadi kakak yang baik bagi kota dan kabupaten di sekitarnya,” ujar Ridwan Kamil.

“Jakarta adalah tempat untuk gagasan kelas dunia. Mengapa? Karena potensi pendukungnya ada, begitu juga infrastruktur dan anggarannya. Yang dibutuhkan adalah pemimpin yang punya imajinasi. Jakarta membutuhkan perubahan,” tambahnya.

Kelompok Independen

Ketua Umum RK Henry Baskoro menceritakan RK sudah berdiri beberapa waktu lalu ketika kabar Ridwan Kamil akan maju Pilkada Jakarta 2024 mulai santer.

“Kelompok ini bersifat independen, tidak mewakili partai politik, dan berasal dari berbagai kelompok di Jakarta yang memiliki aspirasi sama yakni menjadikan Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jakarta,” kata Henry.

Saat ini, RK telah memiliki koordinator di lima kota administrasi dan Kabupaten Kepulauan Seribu. Setelah konsolidasi ini, organisasi tersebut akan dilengkapi dengan mengangkat koordinator tingkat kecamatan dan kelurahan.

Selain struktur pengembangan teritorial, RK juga akan membentuk organisasi untuk komunitas-komunitas spesifik seperti perempuan, milenial dan Gen Z, buruh, disabilitas, lansia, pendidikan, serta pelaku UMKM dan industri kreatif.

Pemandu acara konsolidasi M Zaki Khairy sempat berseloroh ketika menyambut Ridwan Kamil di tempat acara. “Selamat datang, Kang Emil, eh, Bang Emil. Sekarang panggilannya Bang Emil, karena akan menjadi Gubernur Jakarta,” ujar Zaki.
(jon)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More