5 Fakta Kebakaran yang Melanda Museum Nasional, Sejumlah Replika Jadi Korban

Selasa, 19 September 2023 - 12:34 WIB
Kebakaran Museum Nasional yang terjadi pada Sabtu, (16/9/2023) malam hari menghanguskan beberapa ruangan dalam museum. Foto/MPI/Widya Michella
JAKARTA - Insiden kebakaran sempat melanda Museum Nasional yang terletak di Jalan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat. Kejadian ini terjadi pada Sabtu, (16/9/2023) malam hari.

Kebakaran tersebut diketahui menghanguskan beberapa ruangan dalam museum. Pasca kejadian ini, pemerintah melalui Mendikbudristek Nadiem Makarim memastikan perlindungan benda-benda bersejarah dari insiden kebakaran tersebut.



Tim investigasi internal juga sudah dikerahkan guna menyelidiki penyebab pasti kebakaran serta mendata koleksi museum, baik yang terdampak maupun yang sudah diamankan. Lebih jauh, berikut sejumlah fakta yang sementara ini telah diketahui terkait kebakaran Museum Nasional.

Fakta Kebakaran Museum Nasional





1. Kronologi Kebakaran



Berdasarkan laporan Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat, kebakaran Museum Nasional berawal ketika petugas keamanan tengah melakukan apel. Sekitar pukul 19.58 WIB, terjadi ledakan dari arah bedeng proyek yang tengah mengerjakan renovasi di area museum.

Tak lama setelahnya, alarm berbunyi nyaring ketika muncul api. Setelah dilihat, keadaan api ternyata sudah membesar.

2. Bangunan yang Terbakar

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More