5 Kader Golkar Jadi Gubernur DKI, Nomor 1 Dijuluki Bapak Pembangunan Jakarta

Minggu, 20 Agustus 2023 - 15:53 WIB

4. Wiyogo Atmodarminto

Wiyogo Atmodarminto juga tokoh militer dan politisi Indonesia dari Golkar yang pernah menjabat Gubernur DKI sejak tahun 1987 hingga 1992. Dia juga pernah menjadi Duta Besar Indonesia untuk Jepang, Panglima Kostrad, dan Panglima Kowilhan II.

Salah satu kontribusi Wiyogo sebagai Gubernur DKI adalah menetapkan konsep Jakarta Kota BMW, yang berarti bersih, manusiawi, dan berwibawa. Dia juga melakukan berbagai program pembangunan dan penataan kota seperti pembebasan kawasan becak dan pemindahan Pekan Raya Jakarta dari Monas ke Kemayoran.

5. Surjadi Soedirdja

Surjadi Soedirdja, kader Golkar pernah menjabat Gubernur DKI. Dia seorang tokoh militer dan politikus yang berpengaruh di Indonesia.

Pria kelahiran 11 Oktober 1938 ini lulusan Akademi Militer Nasional Jurusan Infanteri pada tahun 1962 dengan predikat Garuda Yaksa, prestasi tertinggi bidang fisik, mental, dan akademik.

Surjadi Soedirdja menjabat Gubernur DKI periode 1992-1997. Saat menjabat, dia membangun proyek rumah susun, kawasan hijau, daerah resapan air, dan sistem satu arah pada sejumlah ruas jalan.

Dia juga membebaskan jalan-jalan Jakarta dari angkutan becak, sebuah program yang telah dimulai sejak gubernur sebelumnya.
(jon)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More