4 Wilayah Jabodetabek yang Identik dengan Etnis Arab, Nomor Terakhir Destinasi Wisata Favorit

Jum'at, 31 Maret 2023 - 14:04 WIB
3. Krukut, Jakarta Barat

Kelurahan Krukut, Taman Sari, Jakarta Barat juga banyak dihuni etnis Arab. Nama Krukut berasal dari kata “Krokot” yang berarti sebuah sindiran kepada etnis Arab yang berdatangan. Warga setempat menilai warga keturunan Arab sangat hemat dan cenderung pelit. Kata Krokot kemudian sedikit diubah menjadi Krukut agar tidak ada pihak yang tersinggung.

Orang Arab yang datang ke Krukut pada era penjajahan adalah pedagang. Wilayah tersebut mudah dijangkau karena berada di dekat Sungai Ciliwung dan Kali Cideng. Masyarakat Arab yang awalnya berdagang, kemudian banyak menikahi pribumi dan menetap.

4. Puncak, Bogor

Satu lagi wilayah di Jabodetabek yang identik dengan etnis Arab adalah kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor. Banyak toko-toko dengan bahasa Arab berdiri di wilayah tersebut.

Sebelum terkenal dengan nama Kampung Arab, masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Kampung Sampay. Banyak turis asing asal Bahrain, Arab Saudi, dan Kuwait yang menjadikan Kampung Sampay sebagai destinasi wisata favorit jika bertandang ke Indonesia.
(jon)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More