Jelang Ramadan, TPU Budi Darma Cilincing Macet Parah Diserbu Peziarah

Minggu, 19 Maret 2023 - 09:01 WIB
Sejumlah peziarah memadati jalan menuju TPU Budi Darma, Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (19/3/2023). Hal itu dilakukan sebagai tradisi menjelang Ramadan. Foto: MPI/Yohannes Tobing
JAKARTA - Menjelang datangnya bulan suci Ramadan , warga mulai berbondong-bondong memadati Tempat Pemakaman Umum ( TPU ) Budi Darma, Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (19/3/2023). Kedatangan warga untuk berziarah ke makam keluarga atau kerabat dekat.

Berdasarkan pantauan wartawan MNC Portal Indonesia (MPI) di lokasi, sejumlah peziarah yang berasal dari wilayah Jakarta Utara dan sekitarnya, terlihat mulai memadati kawasan TPU Budi Darma sejak pagi tadi.

Kendaraan roda empat dan roda dua tampak mengantre untuk menuju area pemakaman yang sudah dipenuhi para peziarah. Kemacetan panjang terjadi sekitar jalan masuk menuju TPU. Hal ini membuat banyak peziarah memilih jalan kaki.

Salah seorang peziarah, Sahma Sitorus (39) mengatakan, dirinya lebih memilih berjalan kaki meninggalkan kendaraan di luar area TPU untuk berziarah ke makam keluarga.

"Ini kan memang situasinya lagi macet dan tidak bergerak. Jadi saya lebih memilih berjalan saja, tinggalkan mobil di luar sana," ucap Sahma saat ditemui di lokasi.



Menurut Sama, kemacetan ini sudah terjadi sejak tadi pagi. Dia juga tidak menyangka jika sudah banyak warga ataupun peziarah yang datang. Adapun dalam kemacetan ini tidak terlihat petugas yang membantu mengatur jalan.

"Tidak bergerak sama sekali, makanya kita lebih memilih jalan," ucapnya.

Adapun berziarah ke makam, menurut Sahma sudah menjadi tradisi umat Islam menjelang datangnya bulan Ramadan untuk mengirimkan doa dan munajat.
(mhd)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More