Jakarta Tak Jadi Ibu Kota Tahun 2024, Heru Budi: Kemacetan Berkurang

Kamis, 09 Februari 2023 - 17:07 WIB
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Foto/MPI/M Refi Sandi
JAKARTA - Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan kemacetan di Jakarta akan berkurang setelah tidak menyandang status Ibu Kota Negara (IKN) mulai 2024 mendatang. Diketahui IKN akan pindah ke Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

”Orang pindah ke IKN nggak bawa mobil, mobil masih di Jakarta, masih jalan jalan, tetap aja (ada) kemacetan di Jakarta, cuma mungkin berkurang,” kata Heru kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (9/2/2023).



Heru tidak bisa memastikan angka kemacetan akan berkurang signifikan atau tidak. Menurutnya perlu penelitian lebih lanjut oleh Badan Pusat Statistik (BPS). ”Saya nggak tahu berkurang berapa, itu perlu penelitian kalo BPS ada program itu, diteliti silakan aja,” ujarnya.

Eks Wali Kota Jakarta Utara itu menyebut berbicara kemacetan bahwa infrastruktur di Jakarta akan menunjang pembangkitan ekonomi baru untuk berinvestasi.





”Tapi kemacetan itu namanya DKI itu, infrastruktur sudah jadi walaupun sudah pindah ke IKN pasti ada pembangkitan ekonomi baru, pasti orang masih investasi di Jakarta," tuturnya.

Sebelumnya, IKN akan pindah dari Jakarta ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur pada 2024 mendatang. Hal ini seiring dengan rencana Presiden Jokowi mengeluarkan keputusan presiden (Keppres) terkait perpindahan ibu kota negara ke IKN Nusantara.

“Ini memang kami emban hingga 2024 dan manakala di 2024 Presiden akan mengeluarkan Keppres yang menyatakan bahwa ya ibu kota (Jakarta) akan pindah ke IKN Nusantara pada 2024 tersebut,” ujar Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Bambang Susantono.

Bambang Susantono mengatakan saat ini Peraturan Pemerintah (PP) yang akan mengatur skema pemberian insentif untuk investor IKN (RPP Investasi IKN) tinggal menunggu tanda tangan Presiden Joko Widodo.
(ams)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More