DKI Akan Pasang Barcode di Angkutan Umum

Senin, 11 Mei 2015 - 07:27 WIB
DKI Akan Pasang Barcode di Angkutan Umum
DKI Akan Pasang Barcode di Angkutan Umum
A A A
JAKARTA - Guna mengurai di kemacetan di Pasar Tanah Abang, Pemprov DKI akan memasang barcode di bodi angkutan umum yang memiliki rute ke Tanah Abang.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat Muslim mengatakan, selain akan mengurangi angkutan umum dengan tipe bus besar melintas Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Hal lain yang dilakukan untuk mengurai kemacetan di kawasan tersebut mengecek kelengkapan angkutan umum melalui telepon selular.

"Di dalam telepon tersebut terdapat aplikasi barcode scanner yang berfungsi untuk melihat kelengkapan surat kendaraan hanya dengan memfoto barcode yang terpasang di bodi angkutan umum," kata Muslim Minggu 10 Mei kemarin.

Muslim menuturkan, penggunaan aplikasi yang baru saja diterapkan tersebut sangat akurat membaca barcode. Sehingga apabila tidak termuat data usai dipindai, dapat diduga kartu KIR palsu. Karena data seluruh kendaraan umum, angkutan barang ataupun angkutan pribadi sudah online, sehingga hasil scan akurat, soalnya real time.

"Jika kita scan tidak keluar data, bisa dicurigai kartu KIR palsu," ujar Muslim. Muslim menambahkan apabila ditemukan hal tersebut, pihaknya akan melakukan pemeriksaan pada Kartu Izin Usaha Angkutan (KIUA) dan Kartu Pengawasan (KPS).

Selanjutnya, jika diduga palsu, maka kendaraan ditilang. Dengan ditilang otomatis kendaraan tidak bisa beroperasi. Namun jika sudah ditilang masih beroperasi maka angkutan tersebut akan dibekukan izinnya.

Penggunaan aplikasi ini menurutnya sangat membantu, karena banyak pemalsuan atau pengusaha nakal yang menukar kartu KIR apabila sudah habis masa berlaku dengan KIR kendaraan lain. Tapi lewat aplikasi ini semuanya kelihatan, soalnya mulai dari identitas, dimensi kendaraan sampai jenis kendaraan kelihatan.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6335 seconds (0.1#10.140)