DKI Akan Kembali Aktifkan Uji KIR di Jagakarsa

Rabu, 29 April 2015 - 00:12 WIB
DKI Akan Kembali Aktifkan Uji KIR di Jagakarsa
DKI Akan Kembali Aktifkan Uji KIR di Jagakarsa
A A A
JAKARTA - Tiga tempat Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB)/KIR di DKI Jakarta mengalami kelebihan kapasitas kendaaraan. Kepadatan arus lalu lintas disekitar tempat PKB/KIR tidak bisa dihindarkan akibat antrean kendaraan yang hendak mengikuti uji KIR tersebut.

Sekertaris Dinas perhubungan DKI Jakarta Anton Parura mengatakan, setelah dua tempat PKB, Kedaung Cengkareng, Jakarta Barat dan Jagakarsa, Jakarta Selatan tidak diaktifkan sejak 2014 lalu. Saat ini di Jaakarta hanya ada tiga tempat PKB di Pulau Gadung, Jakarta Timur; Cilincing, Jakarta Utara dan Ujung Menteng, Jakarta Timur.

Sayangnya kondisi tiga PKB itu mengalami kelebihan kapasitas. "Sesuai fakta, tiga tempat PKB itu overload. Rencananya tahun ini akan kami tambah lajur dan meperbaiki alatnya di PKB Jagakarsa yang akan kita aktifkan lagi," kata Anton Parura di Gedung DPRD, Jakarta, Selasa 28 April kemarin.

Anton menjelaskan, sedikitnya ada 5.000 kendaraan per hari yang harus masuk dalam pelayanan PKB. Untuk melayani tersebut, dibutuhkan 11 lajur. Sementara saat ini baru ada lima lajur yang jalan di tiga PKB Pulo Gadung, Cilincing dan Ujung Menteng. Untuk itu, penambahan dua lajur di PKB Jagakarsa menjadi prioritas pada tahun ini.

"Sudah masuk dalam anggaran tahun ini. Penambahan dua lajur saja sudah cukup membantu," ujarnya. Selain itu, kata Anton, ke depan sistem PKB juga akan berubah seiring dengan perubahan sistem angkutan umum dari sistem setoran menjadi sistem rupiah per kilometer.

Sehingga, batas usia kendaraan akan disesuaikan dengan keuntungan investasi pengusaha angkutan umum. "Tetap berdasarkan Perda yang mengatur taksi tujuh tahun dan angkutan umum 10 tahun. Tetapi nanti akan ada kebijakan lain, apabila 10 tahun belum mendapatkan keuntungan investasi, angkutan umum belum boleh diremajakan," jelasnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6739 seconds (0.1#10.140)